Resensi

Resensi Buku Cara Cepat Melatih Kebiasaan Positif Sehari-Hari – Marc Reklau

Mengutip perkataan dari Zig Ziglar (salah satu motivator terkenal didunia) “Karakter yang membangunkan kita dari tempat tidur, komitmen yang menggerakkan kita untuk...

Written by Jari Telunjuk · 3 min read >
Judul 		: Cara Cepat Melatiih Kebiasaan POsitif Sehari-Hari
Penulis		: Marc Reklau
Penerbit	: Penerbit Gemilang
Halaman		: 259 

Pernahkah kita menyadari apa yang kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari penuh dengan hal-hal positif atau bisa jadi sebaliknya? Pernahkah kalian merasakan bahwa apa yang setiap hari kita kerjakan itu tidak sesuai dengan keinginan kita atau mimpi yang sudah kita susun dengan baik? Apa yang membuat mimpi kita tidak bisa terwujudkan? Atau apakah kita hanya ingin berangan-angan saja dengan mimpi kita, toh juga pada akhirnya kita kalah dengan keadaan. Yang penting kerja dan bisa menghidupi diri sehari-hari sudah cukup, masa bodoh dengan mimpi. Kata-kata ini pasti familiar dengan kita. 

Dalam buku karya Marc Reclau ini mencoba itu mengingatkan kita dengan visi yang ingin kita bangun, mimpi yang kita perjuangkan. Mimpi tanpa perbekalan dengan matang tidak akan mengantarkan kita pada pintu mimpi itu, jangankan membuka mimpi itu, kita bahkan tidak dapat membuka pagar yang mengitari mimpi kita. Itulah mengapa kita harus melihat kebiasaan kita sehari-hari apakah sudah sejalan dengan mimpi kita, dan sudah terstruktur kah kehidupan kita, ataukah kita menjalani hidup kita tanpa persiapan apa-apa. Silahkan teman-teman temukan sendiri dalam buku ini.

Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Gemilang pada tahun 2017 sedangkan cetakan aslinya terbit pada tahun 2014. Buku ini mengambil subjudul “langkah sederhana setiap hari untuk menciptakan kehidupan yang Anda inginkan”. Buku ini memiliki 259 halaman dan terbagi dalam 94 poin dalam melatih kebiasaan positif sehari-hari.

Disiplin Diri dan Komitmen

Bagian ini merupakan bagian fondasi kesuksesan kita dimasa mendatang. Tidak ada orang yang sukses dengan keadaan tidak disiplin dan berkomitmen. Mungkin terdengar sepele tetapi memerlukan proses untuk dilakukan. Untuk menjadi disiplin kita harus akrab dengan ketidaknyamanan dalam kehidupan kita sehari-hari. Mengurangi hal-hal yang tidak tidak ada sangkut pautnya dengan mimpi kita.  dalam bab ini Marc Reclau membantu kita dalam membiasakan diri disiplin dengan memberikan pertanyaan. Dalam hal apa Anda kurang disiplin saat ini? Apa manfaat jika Anda menjadi lebih disiplin? Bagaimana Anda bisa tahu saat Anda telah mencapai tujuan untuk lebih disiplin?  cobalah untuk menuliskan atau mencatat pertanyaan-pertanyaan ini dalam gawai Anda dan jawablah secara jujur. Setelah itu jangan menunda-nunda. Lakukanlah pada saat itu juga.

Hindari Pencuri Energi

Energi sangat penting untuk mendorong kita dalam menuju tujuan dan kebahagiaan. Dalam hidup ada sesuatu yang bisa menghabiskan energi dan ada sesuatu yang menambah energi. Contohnya ketika menjalani keseharian kita dengan energi yang lemah kita biasa merasa tidak sehat, merasa tidak bahagia. Kenalilah hal-hal yang dapat menghabiskan energi Anda. Misalnya, melihat status mantan yang sebentar lagi akan dilamar oleh orang lain, iri dengan apa-apa yang dipamerkan oleh orang-orang di sosial media, mencoba menjadi kritikus di dalam semua aspek tanpa memberikan solusi yang konkret dan lain-lain.  contoh lain, makan yang tidak sehat, konsumsi alkohol, obat, kafein terlalu banyak, gula, tembakau, kurang olahraga, negativitas, sarkasme. Dan orang-orang yang dalam bahasa Marc Reclau sendiri ialah “vampire energi” bisa jadi diantara rekan kerja kita, teman, dan bahkan  keluarga. 

Kelola Waktu Anda

Kita merasa bahwa kita tidak punya waktu lagi untuk melakukan hal-hal lain. Misalnya, suami yang  tidak mempunyai waktu berkumpul dengan keluarga, atau kita tidak mempunyai waktu untuk membaca dikarenakan aktivitas kita yang begitu padatnya. Pertanyaannya, apakah kita benar-benar tidak punya waktu atau karena memang kita tidak mengatur waktu kita dengan sebaik-baiknya. Misalnya jam tidur kita yang begitu panjang nya, bukankah dengan bangun 30 menit awal sebelum pagi kita bisa memiliki waktu yang lebih. Cara yang tepat untuk mengurangi waktu kita adalah mengurangi waktu pada hal-hal yang bukan prioritas, misalnya menonton Youtube seharian, bermain game seharian, tidur seharian, bermedsos seharian, atau apakah kita tidak mempunyai prioritas atas apa yang ingin kita lakukan yang berakibat pada masa mendatang kita nantinya?

Baca juga : Resensi Buku Berani Tidak Disukai – Ichiro Kisimi & Fumitake Koga 

Marc Reclau sendiri pun juga memiliki teknik dalam menghemat waktunya. Misalnya, meluangkan waktu 30-60 menit dihari minggu untuk merencanakan satu minggu kedepan.  dan penulis juga mengingatkan jangan lupa untuk menjadwalkan beberapa waktu bebas, waktu relaksasi, seperti tidur siang sebentar, membaca, meditasi dan lain-lain. 

Bangun Pagi! Kurangi Tidur!

Mengutip perkataan dari Aristoteles “bagus sekali bangun sebelum fajar, karena kebiasaan ini akan menambah kesehatan, kekayaan, dan kebijaksanaan”. Manfaat pertama dari bangun pagi adalah kita bisa mendapatkan 365 jam per tahun. Ada energi spesial di pagi hari sebelum matahari terbit. Cobalah rasakan kehebatan bangun awal sebelum matahari terbit atau lebih tepatnya pada waktu subuh.

Baca juga : Resensi Buku Belajar Cara Belajar – Syarif Rousyan Fikri, Mohammad Ikhsan & Aditya Banuaji

Dalam buku ini juga dituliskan mengenai secara ilmiah terbukti bahwa tidur 6 jam setiap malam seharusnya cukup dikombinasikan dengan 30 sampai 60 menit tidur siang singkat. Kesegaran tergantung pada kualitas tidur bukan pada kuantitas. Jadi mulailah dari sekarang untuk membiasakan bangun di subuh hari.

Berhenti Membuat Alasan

“Ini bukan saat yang tepat”, “saya terlalu muda”, “ini tidak mungkin”, “saya tidak bisa” dan yang paling familiar adalah “saya tidak punya uang”. Banyak sekali alasan-alasan yang keluar dari mulut kita yang menandakan kita seakan-akan menyerah dengan keadaan. Belajar dengan orang-orang yang pernah sukses sebelum nya seperti Abraham Lincoln yang memiliki banyak sekali kegagalan sebelum dia menjadi presiden Amerika Serikat pada saat itu, Jack Ma, Steve Jobs. Pasti alasan yang lain akan timbul seperti “mereka memang dilahirkan untuk menjadi sukses” atau “kasus saya berbeda” sampai kapan kita selalu membuat alasan. Mulailah bertindak. Karena satu hal yang pasti: jika kita melakukan apa yang kita lakukan sekarang, kita akan mendapatkan hasil yang atas apa yang kita lakukan nantinya.

Perspektif JariTelunjuk

Buku ini sangat-sangat aplikatif. Ketika teman-teman telah selesai membaca buku ini pada saat itu juga mulailah lakukan hal-hal yang positif, yang punya penghasilan tetap mulailah rencanakan keuangan Anda dengan tepat, yang belum berpenghasilan mulailah setidaknya melakukan hal-hal positif. Mulai atur kembali perencanaan jangka panjang, berteman dengan orang-orang yang sepemikiran dengan kita untuk menghindar si “pencuri energi”. Mengutip perkataan dari Zig Ziglar (salah satu motivator terkenal didunia) “Karakter yang membangunkan kita dari tempat tidur, komitmen yang menggerakkan kita untuk bertindak, dan disiplin yang memungkinkan untuk meneruskannya.”

Written by Jari Telunjuk
Tukang jaga di jaritelunjuk Profile

2 Replies to “Resensi Buku Cara Cepat Melatih Kebiasaan Positif Sehari-Hari – Marc Reklau”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *