Rekomendasi

10 Rekomendasi Buku Psikologi Terbaik yang Wajib Dibaca!

Rekomendasi buku psikologi terbaik ini cocok bagi yang ingin memahami diri sendiri maupun orang lain dan juga terbaik untuk mahasiswa!

Written by Jari Telunjuk · 4 min read >
rekomendasi buku psikologi, buku psikologi terbaik, review buku psikologi

Mempelajari psikologi ini tidak muda dibutuhkan ilmu dan teori yang tepat. Mempelajari sikap manusia begitu diperlukan dalam lingkungan sosial. Tidak mengherankan jika semakin banyak yang tertarik dengan dunia psikologi ini. Tidak hanya untuk urusan dunia kuliah saja, Anda juga bisa menggunakan buku psikologi tersebut untuk mengenal dan memahami diri sendiri lebih baik. Anda juga bisa menggunakannya untuk menenangkan pikiran agar tidak stress dan menjaga mental tetap sehat. Dengan membaca buku psikologi Anda juga bisa mengenal manusia secara umum dimana ilmu tersebut akan membantu dalam kehidupan sehari-hari. (Baca juga : Novel Best Seller 2023)

Psikologi ini merupakan ilmu dengan fokus mempelajari tingkah laku manusia. Psikologi ini pun ada banyak sekali macamnya. Misalnya seperti psikologi kognitif, psikologi dalam dunia pendidikan dan masih banyak lagi lainnya. Buku psikologi membahas tentang pola pikir manusia sehingga dengan membaca buku ini Anda bisa mengatur pola pikir Anda. Buku psikologi yang bagus juga bisa membantu Anda memahami kesehatan mental Anda. Buku tersebut juga sering dijadikan sebagai media edukasi yang berhubungan dengan sains dan juga medis. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi buku psikologi terbaik:

Loving The Wounded Soul

Buku loving the wounded soul, rekomendasi buku psikologi, buku psikologi terbaik, buku psikologi

Rekomendasi buku psikologi yang pertama adalah Loving The Wounded Soul. Buku ini bagus karena ditulis berdasarkan pengalaman pribadi sang penulis sehingga feelnya akan benar-benar Anda dapatkan. Pengalaman tersebut dikombinasikan dengan pengetahuan kesehatan mental seperti depresi, filsafat dan studi dalam bidang psikologi.

Membaca buku ini akan seperti mendengarkan kawan Anda bercerita. Ia menceritakan pengalaman dan perjalanan hidupnya sehingga Anda bisa belajar tanpa harus merasa digurui. Anda juga bisa mendapatkan pencerahan terhadap berbagai hal yang Anda alami. Dalam buku ini penulis menceritakan kisahnya mengungkap dan membedah depresi dari berbagai perspektif, hal tersebut akan membuat Anda kagum.  Anda bisa terinspirasi dan mampu mengetahui tentang kesehatan mental lebih jauh. Setelah membaca buku ini Anda juga lebih tahu tentang seni mencintai diri sendiri.

The 5 AM Club

rekomendasi buku psikologi, buku psikologi terbaik, buku psikologi, buku the 5am club

Buku psikologi terbaik akan memberikan Anda banyak ilmu, inspirasi dan juga motivasi untuk membuat diri Anda menjadi lebih baik lagi. Seperti buku The 5 AM Club ini yang mana bisa membuat Anda bisa meningkatkan produktivitas dengan perubahan sederhana. Sudah tahukah Anda produktif atau tidaknya diri Anda ini sangat tergantung pada bagaimana menjalani pagi hari. Tidak ada yang menyangka hanya dengan mengubah sikap sederhana yang dilakukan pada pagi hari menjadi titik balik yang positif bagi Anda.

Pagi hari menjadi waktu yang tepat untuk mencapai kebahagiaan dan mindfulness. Dalam buku ini dijelaskan secara rinci hal-hal apa saja yang bisa Anda lakukan pada pagi hari. Hal tersebut bisa Anda gunakan untuk membuat pola hidup Anda agar lebih sehat dan produktif. Penulisnya Robin Sharma seorang humanitarian yang mana terbukti memberikan pengaruh besar dalam hidup banyak orang. Jika selama ini Anda merasa hidup Anda kurang produktif buku ini bisa membantu Anda.

Baca juga : 10 Rekomendasi Buku Public Speaking yang Harus Anda Baca Sekarang

The Power of Habit

rekomendasi buku psikologi, buku psikologi terbaik, buku psikologi, buku the power of habit

Rekomendasi buku psikologi selanjutnya yang sangat disarankan bagi Anda terutama bagi yang ingin mencapai kesuksesan. Untuk meraih kesuksesan ini Anda harus mulai mengubah kebiasaan kecil dan sederhana Anda. Mengubah kebiasaan buruk ini tidak hanya dilakukan secara singkat namun harus secara konsisten.

Melalui buku karyanya Charles Duhigg menjelaskan bagaimana orang mampu mengubah kebiasaan buruk hanya dengan suatu sugesti yang sederhana. Tujuannya tentu saja untuk mengulang kebiasaan-kebiasaan yang jauh lebih baik. Di buku ini penulis menjelaskan lebih rinci bagaimana pola hidup yang baik ini bisa membawa orang pada masa depan, selain itu juga mampu membawa ke arah kesuksesan yang jauh lebih cerah. Bagi Anda yang penasaran bagaimana kebiasaan baik yang menentukan kesuksesan ini akan terbentuk Anda bisa membaca buku ini.

The Selfish Gene

rekomendasi buku psikologi, buku psikologi terbaik, buku psikologi, buku the selfish gene

Merupakan buku psikologi karya Richard Dawkins. Merupakan buku klasik yang sayang untuk Anda lewatkan. Bahasan buku ini berisi tentang gene-centric view pembentuk perilaku setiap individu. Memahami dunia biologi ini sangat menarik terutama dalam hal evolusi. Anda bisa mengetahui semua konsep yang mana membentuk perilaku manusia. Dengan membaca buku ini Anda bisa mendapatkan bahasan yang mendalam, selain itu juga diajak untuk berpikir lebih dalam tentang eksistensi manusia. Jika Anda memiliki ketertarikan dengan evolusi atau penelitian berhubungan dengan seluk beluk gen manusia, buku ini sangat cocok untuk Anda baca.

The Social Animal

rekomendasi buku psikologi, buku psikologi terbaik, buku psikologi, buku the social animal

Menjadi salah satu rekomendasi buku psikologi yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. Buku ini banyak diminati di situs Amazon sehingga kepopulerannya tidak perlu Anda ragukan lagi. Yang dibahas dalam buku ini adalah tentang ilmu psikolog dasar. Secara spesifik membahas tentang psikis manusia di dalam kehidupan sosial mereka. Buku ini dijadikan sebagai sumber ilmu psikologi yang wajib dibaca oleh mahasiswa mengenyam pendidikan di psikologi sosial.

Baca juga : Resensi Buku Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat

Thinking Fast & Slow

rekomendasi buku psikologi, buku psikologi terbaik, buku psikologi, buku thinking fast & slow

Menjadi rekomendasi psikologi berikutnya yang penting untuk Anda baca, penulisnya Daniel Kahneman. Pengetahuan dan ilmu yang ada dalam buku ini akan membantu Anda mengetahui bagaimana proses berpikir itu akan berlangsung. Anda bisa menggunakan informasi yang ada dalam buku menjadi keuntungan terlebih lagi jika Anda ingin mengadopsi kebiasaan baru dalam berpikir yang lebih positif yang mana baik untuk kesehatan psikis.

The Emotional Brain

rekomendasi buku psikologi, buku psikologi terbaik, buku psikologi, buku the emotional brain

Merupakan buku karya Joseph E LeDoux yang mana meneliti konsep yang ada di balik emosi manusia. Anda juga bisa mempelajari proses psikis pembentuknya. LeDoux ini mempelajari bagaimana cara kerja biologi dengan perilaku manusia. Selain itu ia mencari petunjuk dari mana sumber emosi tersebut dirasakan. The Emotional Brain sering dianggap sebagai pionir buku yang membahas psikologi emosi manusia.

The Art Choosing

rekomendasi buku psikologi, buku psikologi terbaik, buku psikologi, buku the art of choosing

Menjadi rekomendasi buku psikologi yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. Buku ini tidak merupakan bacaan klasik tentang psikologi manusia yang akan membuat pilihan dan pengaruh eksternal yang mana mempengaruhi opsi atau pilihannya tersebut. Menurut Sparringmind sang penulis di dalam buku ini Anda akan menemukan gagasan yang mengatakan bahwa pilihan yang dimiliki oleh manusia sangat membahayakan. Adanya pilihan ini akan membuat manusia untuk menunda keputusan. Manusia juga akan melewatkan keuntungan dari pilihan yang sudah ditawarkan.

Outliers

rekomendasi buku psikologi, buku psikologi terbaik, buku psikologi, buku the outliers

Merupakan buku psikologi yang tidak boleh Anda lewatkan terutama jika Anda bercita-cita ingin sukses. Tentu Anda percaya jika kesuksesan ini bisa diraih dengan kerja keras. Malcolm Gladwell membahas berbagai macam aspek kesuksesan yang mana dilihat dari sudut pandang lain. Dari beberapa orang sukses yang tersohor kesuksesan disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya Bill Gates ia dilahirkan pada tempat dan momen yang tepat. Kedua hal tersebut juga menjadi kunci kesuksesannya.

Malcolm tentang menyampaikan beberapa fakta orang sukses di dunia di dalam bukunya ini sehingga buku karyanya ini semakin menarik. Setelah membaca Anda bisa kembali memikirkan tentang faktor kesuksesan serta korelasi dengan keberuntungan.

Maybe You Should Talk to Someone

rekomendasi buku psikologi, buku psikologi terbaik, buku psikologi, buku maybe you should talk to someone

Menjadi rekomendasi buku psikologi yang terakhir. Dengan membaca buku ini Anda bisa memulihkan diri dan mampu memulihkan orang lain. Kerentanan menjalani hidup ini menjadi hal sensitif. Lori Gottlieb seorang psikolog memiliki masalah pribadi dan mengambil jalan lain untuk mengatasi. Ia menjadikan dirinya sebagai pasien terapi untuk bisa melakukan kompromi dengan masalah hidup yang dialaminya. Perjalanan yang dilalui Lori Gottlieb ini begitu emosional. Berbagai macam pengalamannya dengan pasien akan membuat perspektif hidup Anda berubah. Buku ini sangat cocok bagi Anda yang tertarik dengan isu kesehatan mental.

Penutup

Ilmu psikologi memang sangat unik. Seni dan ilmu memahami diri sendiri ini sangat penting karena Anda tidak akan bisa memahami orang lain jika Anda sendiri tidak tahu siapa diri Anda, emosi Anda bagaimana, mental Anda bagaimana dan sebagainya.  Di era digital seperti saat ini banyak tekanan yang muncul di sana-sini membuat ilmu psikologi penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membaca rekomendasi buku psikologi dan best seller yang tepat akan ada dampak positif yang bisa didapatkan seperti Anda bisa berpikiran positif, mampu membuat kebiasaan Anda lebih baik setiap harinya sehingga lebih produktif dan yang terpenting adalah menjaga mental Anda tetap sehat, secara tidak langsung kondisi psikis yang sakit ini bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuh Anda sehingga penting sekali untuk menjaga kesehatan secara balance baik itu fisik maupun psikis.

Written by Jari Telunjuk
Tukang jaga di jaritelunjuk Profile

One Reply to “10 Rekomendasi Buku Psikologi Terbaik yang Wajib Dibaca!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *