Rekomendasi

14 Rekomendasi Buku Anak-anak Terbaik yang Wajib Dibaca

Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi buku anak yang tak hanya menawarkan hiburan namun juga dapat mengasah imajinasi. Terdiri dari buku dalam negeri...

Written by Jari Telunjuk · 4 min read >
rekomendasi buku anak, rekomendasi buku anak 1 tahun, rekomendasi buku anak 2 tahun, rekomendasi buku anak islami, rekomendasi buku anak 3 tahun, rekomendasi buku anak sd

Buku adalah jendela dunia yang dapat membantu kamu dalam memahami berbagai gambaran dunia secara lebih luas. Tak cuma itu, kebiasaan membaca buku sejak kecil juga bisa membantu kamu dalam melatih kemampuan menganalisis suatu masalah (Baca : Manfaat Membaca Buku). Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi buku anak yang tak hanya menawarkan hiburan namun juga dapat mengasah imajinasi. Terdiri dari buku dalam negeri sampai dengan buku luar negeri. Apa sajakah itu? Simak pembahasan dibawah ini ya!

1. Little Prince

rekomendasi buku anak, rekomendasi buku anak 1 tahun, rekomendasi buku anak 2 tahun, rekomendasi buku anak islami, rekomendasi buku anak 3 tahun, rekomendasi buku anak sd, buku anak little prince

Buku Little Prince ditulis oleh seorang pilot yang bernama Antoine de Saint-Exupéry. Di dalam buku ini menceritakan mengenai sebuah kisah imajinatif penulis yang jatuh dan terdampar di sebuah gurun pasir saat sedang menerbangkan pesawat seorang diri. Tanpa disangka-sangkanya ketika berada di gurun pasir dirinya bertemunyA dengan seorang anak laki-laki yang mengaku bertempat tinggal di sebuah planet.

Melalui buku inilah, penulis menceritakan kisah perasaan kesepian yang dirasakan oleh seorang karakter utama yang dikenal dengan sebutan pangeran cilik, dan usahanya dalam mencari seorang teman. Cerita yang terdapat dalam buku ini juga mengajarkan kepada anak untuk belajar mandiri, dan berani. Buku little prince tersedia dalam bahasa Indonesia maupun bahasa inggris.

2. Coraline

rekomendasi buku anak, rekomendasi buku anak 1 tahun, rekomendasi buku anak 2 tahun, rekomendasi buku anak islami, rekomendasi buku anak 3 tahun, rekomendasi buku anak sd, buku anak coraline

Rekomendasi buku yang selanjutnya ini bernama Caroline. Buku tersebut ditulis oleh seorang penulis yaitu Neil Gaiman yang menceritakan mengenai seorang perempuan yang sedang terjebak di dunia lain demi menyelamatkan kedua orang tuanya, dan dirinya. Dia harus melawan sebuah serangga-serangga yang sangat menyeramkan dan beberapa hal aneh yang ditemuinya guna keluar dari tempat tersebut.

Di dalam buku Coraline mengajarkan pada anak-anak mengenai keberanian, dan kekuatan yang muncul dari adanya sebuah tekad yang kuat. Buku ini telah tersedia dalam bahasa Indonesia.

3. Diary Of A Wimpy Kid

rekomendasi buku anak, rekomendasi buku anak 1 tahun, rekomendasi buku anak 2 tahun, rekomendasi buku anak islami, rekomendasi buku anak 3 tahun, rekomendasi buku anak sd, buku anak diary of a wimpy kid

Rekomendasi buku ketiga ini bertajuk Diary Of A Wimpy Kid. Buku ini menceritakan mengenai sebuah pengalaman hidup dari seorang laki-laki yang bernama Greg Heffley yang tidak mudah bergaul.

Meskipun begitu, dia memiliki seorang kakak yang sangat terkenal, dirinya sering dijadikan sebagai bahan bully dari kakaknya. Greg mempunyai kedua orang tua yang cukup baik namun terkadang bapak ibunya tersebut tidak dapat memahami keinginan dari seorang anaknya.

Buku ini ditulis bagaikan sebuah diary yang berisi pengalaman sehari-hari dari Greg. Buku tersebut dibuat dengan dilengkapi beberapa ilustrasi yang menarik. Walaupun mengisahkan sebuah keluarga yang tidak sempurna, tetapi buku ini memiliki humor yang dapat membuat anak-anak terhibur dan tertawa terpingkal-pingkal.

4. Matilda

rekomendasi buku anak, rekomendasi buku anak 1 tahun, rekomendasi buku anak 2 tahun, rekomendasi buku anak islami, rekomendasi buku anak 3 tahun, rekomendasi buku anak sd, buku anak matilda

Buku yang berikutnya ini merupakan salah satu rekomendasi buku anak bertajuk Matilda. Buku tersebut ditulis oleh seorang yang bernama Road Dahl. Didalam buku ini menceritakan mengenai kisah klasik berupa keberanian dari seorang remaja perempuan. Isinya yaitu perjuangan matilda untuk dapat bersekolah, lalu mengenai telekinesis sebuah kekuatan super yang dipakai oleh matilda dengan penuh kasih sayang guna menyelamatkan masyarakat yang lemah.

5. Resep Membuat Jagat Raya

rekomendasi buku anak, rekomendasi buku anak 1 tahun, rekomendasi buku anak 2 tahun, rekomendasi buku anak islami, rekomendasi buku anak 3 tahun, rekomendasi buku anak sd, buku anak resep membuat jagat raya

Puisi selama ini identik dengan orang-orang dewasa. Akan tetapi, apa yang terjadi jika puisi ditujukan kepada anak-anak. Serta buku puisi tersebut ditulis oleh anak-anak.

Resep membuat jagat raya merupakan sebuah buku yang berisi kumpulan puisi, dan ditulis oleh seorang anak perempuan bernama Abinaya Ghina Jamela berusia 8 tahun. Buku kumpulan puisi tersebut dapat membantu anak-anak dalam memahami perasaan mengenai dunia sekitar.

6. Aku Radio Bagi Mamaku

rekomendasi buku anak, rekomendasi buku anak 1 tahun, rekomendasi buku anak 2 tahun, rekomendasi buku anak islami, rekomendasi buku anak 3 tahun, rekomendasi buku anak sd, buku anak aku radio bagi mamaku

Abinaya Ghina Jamela atau yang akrab di sapa dengan nama Naya tak cuma menulis puisi saja, namun dia juga menulis sebuah cerita pendek. Buku bertajuk Aku Radio Bagi Mamaku merupakan sebuah buku kumpulan cerpen yang pertama kali terbit pada tahun 2018.

Bukunya yang mengisahkan mengenai seorang tokoh yang bernama Alinka yang merupakan seorang gadis kecil yang sedang duduk dibangku sekolah dasar kelas 1. Selain itu, terdapat tokoh lain yang terdiri dari mama, papa, kakak, kepala sekolah, dan teman-teman sekolah yang melakukan berbagai hal di kota Sanopa.

7. Aku, Meps, dan Beps

rekomendasi buku anak, rekomendasi buku anak 1 tahun, rekomendasi buku anak 2 tahun, rekomendasi buku anak islami, rekomendasi buku anak 3 tahun, rekomendasi buku anak sd, buku anak aku meps dan beps

Rekomendasi buku yang ketujuh ini yaitu Aku, Meps, dan Beps. Buku anak-anak ini ditulis oleh Reda Gaudiamo dengan seorang anaknya bernama Soca Sobhita. Didalam buku ini menceritakan mengenai masa kecil dari Soca yang sangat lugu, dan penuh imajinasi.

Tak hanya itu saja, buku ini juga memiliki berbagai ilustrasi karya dari Soca tersebut sangat cocok dibaca oleh anak-anak. Bukunya yang penuh humor, dengan lugu dan khas anak-anak.

8. Na Willa

rekomendasi buku anak, rekomendasi buku anak 1 tahun, rekomendasi buku anak 2 tahun, rekomendasi buku anak islami, rekomendasi buku anak 3 tahun, rekomendasi buku anak sd, buku anak na willa

Buku Na Willa adalah salah satu buku yang direkomendasikan bagi anak-anak. Buku ini ditulis oleh seorang penulis yang bernama Reda Gaudiamo. Di dalam bukunya menceritakan tentang seorang gadis kecil bernama Na Willa yang tinggal di sebuah gang yang kecil di wilayah surabaya. Terdapat sebuah cerita ketika Na Willa berlari mengejar kereta untuk pergi ke pasar dengan Mak. Serta terdapat cerita juga saat si kecil Na willa memikirkan tentang bagaimana orang-orang dapat bernyanyi dalam radio.

Baca juga : 10 Rekomendasi Komik Pendidikan Indonesia Terbaik Untuk Anak-Anak

9. Pintu Harmonika

rekomendasi buku anak, rekomendasi buku anak 1 tahun, rekomendasi buku anak 2 tahun, rekomendasi buku anak islami, rekomendasi buku anak 3 tahun, rekomendasi buku anak sd, buku anak pintu harmonika

Rekomendasi buku anak-anak yang selanjutnya yaitu Pintu Harmonika. Buku ini ditulis oleh seorang penulis dalam negeri yang bernama Clara Ng, dan Icha Rahmanti. Buku ini memiliki kisah mengenai seorang tiga orang remaja yakni David, Juni, dan Rizal Lee.

Rizal Lee merupakan seorang siswa yang populer sebagai seorang blogger, dan seleb remaja. Sementara Juni merupakan korban perundungan yang seusai menguasai sebuah ilmu bela diri, dirinya masuk kedalam sebuah geng yang suka merusak adik kelas. Sedangkan David merupakan seorang penggemar komik detektif conan. David adalah seorang anak tunggal yang mempunyai ibu tunggal yang bekerja di toko kue miliknya sendiri.

Ketiganya hidup bertetangga di sebuah kompleks pertokoan. Kemudian, mereka disatukan dalam sebuah tempat yang bernama surga yang merupakan tempat bermain mereka.

Pada suatu saat, muncullah sebuah kabar bahwa tempat itu akan dijual oleh para pemiliknya. Hingga akhirnya ketiga remaja inj kemudian membuat berbagai taktik supaya surga milik mereka tidak boleh diambil oleh orang lain.

10. Good Night Stories For Rebel Girl

rekomendasi buku anak, rekomendasi buku anak 1 tahun, rekomendasi buku anak 2 tahun, rekomendasi buku anak islami, rekomendasi buku anak 3 tahun, rekomendasi buku anak sd, buku anak good night stories for rebel girl

Rekomendasi buku yang kesepuluh ini berisi mengenai sebuah kisah hidup dari seorang tokoh perempuan yang hebat di seluruh dunia yang terdiri dari Serena Williams, Ratu Elizabeth I, sampai dengan Malala Yousafzai.

Buku ini biasanya cocok dibaca sebagai dongeng sebelum tidur. Didalam buku ini mengajarkan seorang anak perempuan bahwa mereka dapat menjadi perempuan hebat seperti yang terdapat buku ini.

Buku tersebut diceritakan memakai bahasa anak-anak, dan dilengkapi berbagai ilustrasi. Buku itu ditulis oleh seorang penulis yakni Francesca Cavallo, dan Elena Favili yang telah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, serta sudah tersedia di beberapa toko buku.

11. Little Woman

rekomendasi buku anak, rekomendasi buku anak 1 tahun, rekomendasi buku anak 2 tahun, rekomendasi buku anak islami, rekomendasi buku anak 3 tahun, rekomendasi buku anak sd, buku anak little woman

Buku Little Woman ditulis oleh seorang penulis bernama Louisa May Alcott yang mengisahkan mengenai empat orang bersaudara yang semuanya adalah perempuan. Keempatnya tersebut berasal dari salah satu keluarga yang sederhana, dan mau berjuang dalam meraih mimpi masing-masingnya.

Buku ini berisi tentang sebuah konflik, dan kehangatan keluarga yang kerap kali muncul dari hubungan kakak adik. Buku tersebut sangat cocok dibaca guna memahami suatu jalinan persaudaraan antar anggota keluarga.

12. Mata di Tanah Melus

rekomendasi buku anak, rekomendasi buku anak 1 tahun, rekomendasi buku anak 2 tahun, rekomendasi buku anak islami, rekomendasi buku anak 3 tahun, rekomendasi buku anak sd, buku anak mata di tanah melus

Buku bertajuk Mata di Tanah Melus ditulis oleh penulis bernama Okky Madasari. Buku yang direkomendasikan ini sangat cocok dibaca anak-anak. Di dalam bukunya menceritakan sebuah kisah petualangan anak remaja perempuan yang melakukan perjalanan ke daerah terluar dari Indonesia.

13. Mata dan Rahasia Pulau Gapi

rekomendasi buku anak, rekomendasi buku anak 1 tahun, rekomendasi buku anak 2 tahun, rekomendasi buku anak islami, rekomendasi buku anak 3 tahun, rekomendasi buku anak sd, buku anak mata dan rahasia pulai gapi

Sama halnya dengan buku bertajuk Mata di Tanah Melus, buku berjudul Mata dan Rahasia Pulau Gapi ini juga ditulis oleh Okky Madasari. Di dalam buku ini menceritakan sebuah kisah mengenai seorang tokoh yang disebut dengan nama Matara. Seorang gadis tersebut gagal masuk kedalam sekolah yang diimpikannya, kemudian dia pindah ke sebuah Pulau Gapi yang berada di daerah timur laut negara Indonesia. Di pulau tersebut, matara tak cuma pergi ke tempat yang baru saja, namun dirinya juga menjelajahi masa lalunya.

14. Angin dari Tebing

rekomendasi buku anak, rekomendasi buku anak 1 tahun, rekomendasi buku anak 2 tahun, rekomendasi buku anak islami, rekomendasi buku anak 3 tahun, rekomendasi buku anak sd, buku anak angin dari tebing

Rekomendasi buku yang terakhir ini bernama Angin dari Tebing. Buku tersebut ditulis oleh Clara Ng. Buku ini mempunyai dua seri. Pada seri pertama buku menceritakan mengenai kehidupan anak di sebuah sekolahan yang dibangun di atas tebing di dalam sebuah desa yang kecil. Selain itu, juga menceritakan mengenai binatang yang berada di sekitar sekolah. Dengan gaya penulisan yang dipakainya menyerupai sebuah sajak yang dapat membuat anak-anak sebagai pembacanya merasa terhibur.

Nah, itulah beberapa rekomendasi buku terbaik bagi anak-anak. Mari ajak anak-anak untuk membiasakan diri untuk membaca buku. Semoga rekomendasi buku anak-anak diatas dapat menghibur anak-anak semua, serta menambah pengetahuan.

Written by Jari Telunjuk
Tukang jaga di jaritelunjuk Profile

2 Replies to “14 Rekomendasi Buku Anak-anak Terbaik yang Wajib Dibaca”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *