General

Pentingnya Membaca Buku Setiap Hari, Ini 10 Manfaat yang Bisa Didapat

Agar lebih sadar akan pentingnya membaca buku, berikut jaritelunjuk paparkan 10 manfaat membaca buku yang akan Anda dapat.

Written by Jari Telunjuk · 5 min read >
pentingnya membaca buku

Pentingnya Membaca Buku — Budaya membaca buku sedikit tergeser dengan adanya internet. Kini, orang lebih banyak menghabiskan waktu mereka di internet, membaca konten-konten yang kebanyakan kurang bermanfaat. Memang ada sebagian konten di internet yang memberikan manfaat juga. Dengan catatan, pembaca harus selektif dan tidak sembarangan dalam memilih sumber.

Keunggulan internet adalah menawarkan kemudahan dalam membaca untuk siapa saja.  Meski begitu, kebiasaan membaca buku sebaiknya tetap dilestarikan. Sebab, banyak hal bermanfaat dari buku yang tidak bisa didapat dari internet.

Nah, agar lebih sadar akan pentingnya membaca buku, berikut jaritelunjuk paparkan 10 manfaat membaca buku yang akan Anda dapat.

Memperkaya Diksi

manfaat membaca buku, manfaat membaca buku non fiksi, pentingngnya membaca buku, manfaat membaca buku bagi anak, manfaat membaca buku fiksi

Semakin sering kita membaca buku maka semakin banyak diksi atau kosakata yang akan terserap. Di dalam buku banyak istilah-istilah baru yang tidak pernah muncul sebelumnya. Tak hanya menghadirkan istilah baru, buku pun akan memberikan penjelasan untuk menambah pemahaman pembacanya. Sehingga, kemampuan berbahasa setiap pembaca pun akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Semakin banyak diksi yang masuk, maka semakin meningkat skill komunikasi Anda. Anda akan lebih mudah beradaptasi di hampir semua lingkungan pertemanan. Komunikasi memang menjadi penghambat seseorang ketika membuka pertemanan baru. Namun, dengan banyak membaca buku, Anda akan lebih percaya dalam bersosialisasi.

Tulisan yang baik hadir dari riset dan proses baca yang baik. Jika Anda rutin membaca buku, maka akan lebih mudah memahami gaya bahasa suatu tulisan. Sehingga, saat akan menulis sesuatu pun hasilnya cenderung maksimal.

Oleh karenanya, jika Anda memiliki minat untuk menulis, maka mulailah dengan membaca buku sesering mungkin. Mulailah dari bacaan-bacaan ringan sesuai dengan passion Anda. Semakin banyak diksi yang terserap, maka semakin kaya tulisan yang dapat dihasilkan.

Menambah Wawasan

manfaat membaca buku, manfaat membaca buku non fiksi, pentingngnya membaca buku, manfaat membaca buku bagi anak, manfaat membaca buku fiksi

Buku adalah jendela dunia yang memberi wawasan tak terbatas. Buku menghadirkan banyak informasi baru dari berbagai penjuru dunia. Dengan buku, Anda dapat belajar budaya suatu negara tanpa harus datang langsung ke negara tersebut. Hasil positifnya, saat diharuskan untuk bergabung di komunitas internasional, Anda pun akan lebih mudah membaur dan lebih mudah diterima.  

Selain itu, wawasan yang luas akan menambah prestise diri Anda. Masyarakat cenderung lebih menghormati orang berwawasan luas. Karena itu, harusnya Anda sudah mulai mengerti akan pentingnya membaca buku.

Banyak jenis buku yang bisa menambah wawasan diri Anda. Misalnya buku ensiklopedia, biografi, jurnal, hingga buku fiksi. Selama Anda bisa menyikapi sebuah tulisan dengan baik, maka harusnya banyak ilmu yang bisa diperoleh.

 Oleh karenanya, kalau ingin wawasan Anda bertambah maka kami menyarankan untuk rutin mengunjungi perpustakaan. Kalau tak sempat, banyak buku yang sekarang dikemas dalam bentuk soft file dengan kemasan yang lebih praktis.

Sumber Inspirasi

manfaat membaca buku, manfaat membaca buku non fiksi, pentingngnya membaca buku, manfaat membaca buku bagi anak, manfaat membaca buku fiksi

Jika Anda sedang membutuhkan motivasi untuk maju, maka buku adalah jawabannya. Buku memberikan banyak kisah-kisah inspiratif yang bisa dicontoh setiap orang. Banyak orang-orang hebat menuliskan perjalanan hidup mereka ke dalam bentuk tulisan, yang banyak mengubah pola pikir seseorang.

Kisah-kisah inspiratif biasanya dikemas dalam buku biografi dan autobiografi. Buku ini berisi perjalanan seseorang dari nol hingga meraih kesuksesan. Dari cerita mereka, banyak ilmu dan informasi bermanfaat, yang akan membuat Anda melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.

Selain itu, kisah inspiratif pun bisa datang dari sumber lainnya seperti novel.  Meskipun bersifat fiksi, tetap banyak kisah menarik yang bisa memotivasi hidup Anda. Nah, jika Anda lebih menyukai bacaan yang ringan namun inspiratif, maka sangat disarankan untuk mencoba novel.

Mulailah bangun di mindset Andatentang pentingnya membaca buku sebagai sumber inspirasi. Mendapatkan inspirasi tidak harus selalu mahal, bisa diperoleh hanya dari membaca buku saja.

Sarana Hiburan

manfaat membaca buku, manfaat membaca buku non fiksi, pentingngnya membaca buku, manfaat membaca buku bagi anak, manfaat membaca buku fiksi

Butuh hiburan saat stress dan depresi? Membaca buku mungkin solusinya. Buku tidak selalu membahas topik atau tema yang berat. Banyak bacaan santai seperti novel, kumpulan puisi, atau kumpulan cerpen yang cocok dibaca saat santai.

Bila mendapatkan buku yang cocok, minimal Anda akan tertawa dan terheran-heran saat menemukan bagian yang menarik. Makanya, tak jarang banyak orang yang ketagihan mengoleksi buku hanya dari sekali membacanya saja.

Buku tidak hanya menawarkan hiburan kepada pembacanya. Buku juga memberikan banyak ilmu dan pengetahuan bermanfaat kepada. Manfaat yang dimaksud lebih condong dan spesifik untuk perkembangan otak Anda. Sehingga, tak jarang orang yang dicap sebagai “kutu buku” punya kecerdasan di atas rata-rata.

Intinya, membaca buku adalah aktivitas hiburan yang bisa merangsang perkembangan otak. Tingkat literasi akan terus tumbuh, sejalan dengan perbaikan kualitas hidup. Jadi, ketimbang harus menghabiskan waktu untuk hiburan yang tak bermanfaat, sebaiknya mulailah kunjungi perpustakaan dan baca buku yang Anda sukai.

Sumber Informasi yang Kredibel

manfaat membaca buku, manfaat membaca buku non fiksi, pentingngnya membaca buku, manfaat membaca buku bagi anak, manfaat membaca buku fiksi

Internet adalah sumber dari hoax yang beredar setiap hari. Banyak berita yang belum jelas kebenarannya, namun sudah terlanjur tersebar dan dipercayai begitu saja. Internet memang lebih mementingkan kecepatan persebaran sebuah informasi tanpa proses validasi yang mendalam.

Hal inilah yang mungkin menjadi alasan mengapa informasi dari internet kurang bisa dipercaya di lingkungan akademik. Hasilnya, kutipan yang berasal dari internet akan lebih ditanyakan kredibilitasnya. Karenanya, banyak pegiat yang menekankan pentingnya membaca buku untuk memajukan dunia akademik.

Sebuah buku tidak bisa terbit begitu saja. Ada banyak tahapan yang harus dilalui sebelum akhirnya buku bisa diperjualbelikan. Minimal, buku telah diperiksa oleh editor hingga disimpulkan layak baca. Sumber penulis buku pun tertera jelas. Pembaca akan tahu siapa yang menulis buku tersebut, dan dari latar belakang mana dia berasal. Sehingga, kredibilitas sebuah  buku bisa lebih dipercaya

Merangsang Perkembangan Otak Anak

manfaat membaca buku, manfaat membaca buku non fiksi, pentingngnya membaca buku, manfaat membaca buku bagi anak, manfaat membaca buku fiksi

Pentingnya membaca buku juga harus ditanamkan kepada anak-anak. Membiasakan baca tulis kepada anak adalah hal yang sangat bermanfaat. Dari contoh sebelumnya saja, buku mengandung diksi-diksi baru yang dapat dipelajari. Saat anak menemukan diksi yang tidak dipahami, minimal ia akan menanyakannya. Otak akan terus menuntut anak untuk mencari tahu hal tersebut agar bisa dipelajari. Proses belajar ini membuat otak bekerja sesuai dengan fungsinya, sehingga perkembangan anak pun lebih optimal.

Selain itu, buku juga bisa merangsang daya imajinasi anak. Kata-kata yang ada di buku diterjemahkan oleh otak untuk menghasilkan imajinasi tertentu. Nantinya imajinasi inilah yang menstimulasi otak supaya tetap aktif dan berkembang. Hasilnya, otak pun akan lebih terlatih untuk menggambarkan sesuatu tanpa melihatnya langsung.

Imajinasi adalah aspek yang penting yang berperan dalam pertumbuhan anak. Semakin mampu seorang anak mengimajinasikan sesuatu, maka semakin baik daya kembang tubuhnya. Para orang tua tinggal mengarahkan anak supaya mengaplikasikan imajinasi mereka menjadi suatu hal yang kreatif. Jadi, jika ingin menumbuhkan kreativitas pada anak, maka bangunlah imajinasinya dulu melalui media tulisan atau buku.

Memberi Motivasi dalam Hidup

manfaat membaca buku, manfaat membaca buku non fiksi, pentingngnya membaca buku, manfaat membaca buku bagi anak, manfaat membaca buku fiksi

Banyak orang yang membagikan kisah motivasi mereka ke dalam sebuah tulisan. Baik fiksi atau non-fiksi, buku motivasi selalu dicari dan laku di pasaran. Hal ini menunjukkan bahwa setiap orang memang butuh kisah inspirasi untuk mengubah diri mereka.

Misalnya, seorang penyandang kanker menuliskan kisah hidupnya ke dalam sebuah novel. Jika pembaca kebetulan memiliki kondisi yang sama, maka ia akan merasa menjadi bagian dari cerita tersebut. Sehingga, ketika penulis membagikan perjuangannya dalam melawan kanker, maka orang yang membacanya akan tersugesti untuk melakukan hal yang sama. Karena itulah mengapa kami menyebut bahwa buku menjadi sumber motivasi yang bisa mengubah pola pikir seseorang.

Secara tidak langsung, buku juga mengajarkan untuk menyelesaikan apa yang sudah dimulai. Jika ingin tahu akhir sebuah cerita, pembaca harus membaca keseluruhan buku sampai akhir. Kalau membaca bagian awal atau tengah saja, maka cerita yang didapat pun tidak optimal. Meskipun terkadang ada bagian buku yang membosankan, sebaiknya tetap dibaca sampai akhir. Sebab, ini akan mempengaruhi pemahaman pembaca atas keseluruhan isi cerita.

Mari kita analogikan sebuah buku dengan kehidupan. Buku merepresentasikan kehidupan seseorang. Sementara bagian buku yang kurang menarik adalah rintangan hidup yang selalu ada. Kalau Anda berhenti membaca karena ada bagian yang tidak dipahami, sama halnya dengan Anda berhenti berjuang ketika menghadapi suatu masalah. Padahal, jika rintangan dan masalah itu berhasil dilewati, siapa yang tahu akan ada happy ending yang bakal membuat Anda tersenyum.

Dari pemahaman akan pentingnya membaca buku di atas, setidaknya bisa memotivasi Anda untuk menyelesaikan apa yang sudah dimulai.

Melatih Fokus dan Konsentrasi

manfaat membaca buku, manfaat membaca buku non fiksi, pentingngnya membaca buku, manfaat membaca buku bagi anak, manfaat membaca buku fiksi

Aktivitas membaca buku mengharuskan mata untuk berkonsentrasi ke tulisan yang sedang dibaca. Hasil bacaan di mata akan disampaikan ke otak untuk kemudian diserap makna dan maksudnya. Secara tak langsung, aktivitas seperti ini melatih konsentrasi dan fokus seseorang. Maka dari itu, jika Anda mengalami kesulitan untuk konsentrasi, cobalah untuk melatihnya dengan membaca buku.

Membaca buku memang efektif untuk melatih fokus dan konsentrasi. Coba saja perhatikan beberapa orang yang bisa membaca buku sambil mendengarkan musik. Bagi orang biasa, membaca sambil melakukan aktivitas lainnya sangat sulit dilakukan. Sebab, dibutuhkan konsentrasi penuh untuk memahami maksud dari tulisan penulis. Nah, orang yang membaca sambil mendengarkan musik telah membuktikan bahwa ia tetap bisa menyerap informasi di buku meskipun ada suara musik yang mengiringi.

Menambah Daya Ingat

manfaat membaca buku, manfaat membaca buku non fiksi, pentingngnya membaca buku, manfaat membaca buku bagi anak, manfaat membaca buku fiksi

Memahami pentingnya membaca buku juga harus dipahami sebagai sesuatu yang baik untuk ingatan Anda. Membaca buku terbukti meningkatkan  daya ingat pembacanya secara signifikan. Sebab, ia terbiasa melatih otak untuk berpikir dan mengingat detail sebuah tulisan meskipun secara garis besarnya saja.

Saat membaca buku, otak akan dituntut untuk mengerti dengan maksud dari tulisan yang muncul di setiap paragrafnya. Otak tidak hanya membaca buku sebagai sebuah tulisan, melainkan menerjemahkannya agar bisa dimengerti. Jika Anda membiasakan hal ini, maka kemampuan menambah daya ingat pun semakin besar.

Pencegah Alzheimer

manfaat membaca buku, manfaat membaca buku non fiksi, pentingngnya membaca buku, manfaat membaca buku bagi anak, manfaat membaca buku fiksi

Alzheimer adalah penyakit yang merusak memori dan fungsi mental seseorang. Penyebabnya belum diketahui pasti, namun jumlah pengidapnya terus bertambah. Memang belum ada pembuktian ilmiah bahwa membaca buku bisa menyembuhkan Alzheimer. Namun, dengan rutin membaca buku, Anda akan membiasakan otak untuk terus bekerja serta beraktivitas. Semakin banyak otak mendapatkan rangsangan, maka semakin besar Alzheimer bisa dicegah.

Itulah akhir dari penjelasan tentang pentingnya membaca buku setiap hari. Semoga informatif dan bisa memotivasi Anda untuk terus membaca.

Written by Jari Telunjuk
Tukang jaga di jaritelunjuk Profile

6 Replies to “Pentingnya Membaca Buku Setiap Hari, Ini 10 Manfaat yang Bisa Didapat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *