General, Rekomendasi

6 Rekomendasi Buku Sains Populer

Semakin berkembangnya jaman, lambat laun pasti akan ada buku buku sains keluaran terbaru dengan konten isi yang lebih lengkap dibandingkan pendahulunya. Namun,...

Written by Jari Telunjuk · 3 min read >
6 Buku Sains Populer

Semakin berkembangnya jaman, lambat laun pasti akan ada buku buku sains keluaran terbaru dengan konten isi yang lebih lengkap dibandingkan pendahulunya. Namun, perlu kita ketahui bahwa beberapa buku memang sudah sangat terkenal dan populer di kalangan saintis. 

Dengan hal itu, sesekali ketahuilah apa saja buku buku tersebut dan mengapa buku tersebut menjadi buku sains yang populer. Atau jika memang Anda seorang saintis muda dan ingin menambah wawasan lebih jauh mengenai sains, Anda juga dapat mempelajarinya melalui beberapa buku sains populer tersebut. 

Brief History of Time (Stephen Hawking) 

Stephen Hawking, A brief History of time

Buku sains populer pertama datang dari penulis Stephen Hawking. Yaitu bukunya yang berjudul Brief History of Time. Secara garis besar buku ini menjelaskan tentang alam semesta dan bagaimana alam semesta itu terbentuk. Termasuk juga berbagai aktivitas yang ada di luar angkasa. 

Pembahasan awal dibuku ini adalah tentang gambaran mengenai alam semesta. Disitu akan dijelaskan terperinci tentang bagaimana bentuk dari alam semesta menurut beberapa pendapat. Sehingga menghasilkan pro dan kontra mengenai pendapat tentang alam semesta tersebut. 

Di Buku ini juga, Anda akan dipertemukan oleh sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari manusia, yaitu ruang dan waktu. Hal ini akan selalu menjadi pengingat bagi pembacanya tentang dimensi yang selalu bersama kita.

Buku ini pun juga penuh dengan penjelasan bagaimana alam semesta itu dengan menggabungkan dan membandingkan beberapa teori yang pernah ada. Pertanyaan pertanyaan seputar mengapa makhluk hidup dan alam semesta itu tercipta juga dibahas lengkap didalam buku ini. 

Selepas itu, di bagian akhir juga disebutkan biodata penulis dan Sejarah singkat dari Stephen Hawking. 

Cosmos (Carl Sagan) – Six Easy Pieces (Feynman) 

Six Easy Pieces, Richard P Feynman,

Buku Cosmos karya Carl Sagan juga merupakan salah satu buku sains populer. Seperti pada poin pertama, buku ini juga membahas mengenai alam semesta. Carl Sagan sendiri merupakan seorang ahli astronomi, kosmologi, dan astrofisika yang menuangkan berbagai teori serta penemuannya ke dalam sebuah buku, seperti asal usul kehidupan, beraneka bentuk planet dan Bintang, sistem tata surya, Antariksa, serta proses bagaimana awal dan akhir alam semesta itu sendiri. 

Buku Cosmos tersebut berhasil membantu berjuta juta manusia untuk memahami persoalan alam semesta yang luas ini. Hal ini menjadi sebuah gerbang bagi para ilmuwan lain untuk mengembangkan berbagai teori atas pertanyaan pertanyaan yang belum terjawab di dalam buku ini. 

Selanjutnya, buku yang tak kalah populer adalah buku Six Easy Pieces karya Feynman. Buku ini memang lebih condong membahas kepada hal hal yang berbau fisika. Buku ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang selalu ingin mengetahui penyebab dari berbagai kejadian yang ada disekeliling kita melalui ilmu fisika. 

The God Equation (Michio Kaku) 

Michio Kaku, The God Equation

Buku kali ini memang menyangkutkan seluruh teori sains dengan Tuhan. Pada mulanya, buku ini akan membahas tentang bagaimana perkembangan ilmu fisika dari waktu ke waktu. Michio Kaku menuliskan berbagai teori dari masing masing ilmuwan untuk menemukan sesuatu yang hilang dalam pemahaman kita yang sering disebut sebagai ‘persamaan Tuhan’ (The God equation). Yaitu sebuah persamaan yang mengatur dan menyatukan semua konsep. 

Penemuan pertama yang disoroti kali ini adalah karya Isaac Newton yang mengenai hukum gravitasi di Bumi. Penemuan ini berhasil mengawali Revolusi Industri yang mengubah bagaimana kerja Masyarakat pada saat itu. Penemuan ketiga adalah karya Michael Faraday dan James Clerk Maxwell mengenai gaya magnet dan gaya listrik. Hasil dari penemuan ini adalah terciptanya teknologi canggih yang membuka jalan bagi era kelistrikan.

Setelah penemuan penemuan tersebut, beberapa ilmuwan mulai berpikir untuk mencari ‘teori segalanya’ yang memungkinkan untuk membaca pikiran Tuhan.

Namun dalam buku ini dijelaskan bahwa teori teori tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Sebagian kecil dari pengetahuan yang Maha Kuasa. Pemahaman tentang sesuatu yang tidak bisa dinalar dengan pemikiran manusia sudah menjadi hukum alam dan hanya Tuhan yang mengetahui.

Contact (Carl Segan) 

Contact, Carl Segan

Buku sains populer kali ini merupakan sebuah novel karya Carl Sagan yang berisi tentang kehidupan diluar bumi. Para ilmuwan sendiri selalu haus ilmu dan pengetahuan, terlebih lagi tentang kehidupan yang ada di luar bumi. 

Maka itu lah, sudah bertahun tahun lamanya, proyek Argus berusaha menangkap sinyal yang menandakan adanya kehidupan diluar bumi. Dengan teleskop radionya. 

Lalu pada suatu sore, Sejarah umat manusia telah berubah dalam sekejap dan selamanya. Sebuah pesan akhirnya tiba. Kontak pun telah terjadi. 

Baca juga : 6 Buku Karya Douwes Dekker Terpopuler Sarat Sejarah

Ada sebuah kehidupan, sesuatu yang berada di dekat Bintang Vega, 26 tahun Cahaya jatuh dari bumi, seolah memanggil kita dan memberikan pesan bahwa selama ini kita tidak sendiri. 

Dr Eleanor Arroway, ialah yang pertama kali menyadari bahwa babak pertama Sejarah tentang manusia telah usai dan ia juga yang menterjemahkan pesan tersebut. 

Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1985. Dr Carl Sagan sendiri juga menulis tentang Cosmos yang membahas tentang alam semesta. Maka untuk buku ini, ia membahas tentang prediksi masa depan alam semesta dan umat manusia.

Dune (Frank Herbert) 

DUne, Frank Herbert

Frank Herbert adalah penulis dari novel fiksi sains yang paling banyak digandrungi oleh masyarakat, yaitu Dune. Untuk membuat novel ini saja, Frank harus melalui berbagai rintangan yang sulit. Frank sendiri membutuhkan 6 tahun untuk melakukan riset demi menyelesaikan buku Dune ini. 

Baca juga : Fantasi Petualangan Don Quixote, Novel Modern Pertama di Dunia

Setelah riset yang Panjang tersebut, Frank ditolak 23 penerbit sebelum pada akhirnya naskahnya terjual dengan bayaran yang tidak seberapa. 

Namun, setelah itu, karya tersebut semakin populer dan sudah terjual lebih dari 20 juta copy dalam terjemahan berbagai Bahasa. Isi bukunya sendiri menceritakan tentang kisah seorang pemuda Bernama paul. Ayah paul ditunjuk sebagai penguasa di planet Arrakis, sebuah planet gurun, dan dikenal dengan nama Dune. Sedangkan, planet Arrakis memiliki rempah yang sangat berharga dan diperebutkan seluruh jagat raya. 

Kemudian, Ketika klan Atreides dikhianati dan keluarganya hancur, paul harus menempuh perjalanan Panjang menjemput takdir menuju padang pasir. 

The Martian (Andy Weir)

The Martain Andy Weir

Novel fiksi kali ini bercerita tentang seorang astronot Mark Watney yang ditinggalkan di Mars oleh rekan rekannya. Dia meyakini bahwa dia adalah orang pertama yang menginjakkan kaki di Mars dan orang pertama juga yang mati di mars. 

Dia pun sendiri tak memiliki bekal makanan dan tak punya sarana untuk mengirim sinyal ke bumi. Tapi, ia tak menyerah begitu saja, ia mulai mencoba menanam kentang untuk dimakan. Akhirnya berbagai rintangan pun ia hadapi. Ia pun mulai yakin untuk keluar dari mars hidup hidup. Tetapi, ternyata planet tersebut menyimpan banyak kejutan untuknya. 

Penutup 

Akhir kata, itulah 6 rekomendasi buku sains populer sepanjang sejarah. Beberapa buku memang pure mengandung pembahasan ilmiah. Namun beberapa juga mengandung cerita fiksi dengan dibubuhkan pengetahuan sains. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membacanya?

Written by Jari Telunjuk
Tukang jaga di jaritelunjuk Profile

3 Replies to “6 Rekomendasi Buku Sains Populer”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *