Rekomendasi

7 Rekomendasi Buku untuk Belajar dan Memulai Bisnis Bagi Pemula

Menjadi seorang pebisnis merupakan salah satu impian banyak orang. Namun, nyatanya untuk memulai bisnis tidak semudah yang dibayangkan, sehingga tidak ada salahnya...

Written by Jari Telunjuk · 3 min read >

Menjadi seorang pebisnis merupakan salah satu impian banyak orang. Namun, nyatanya untuk memulai bisnis tidak semudah yang dibayangkan, sehingga tidak ada salahnya Anda mulai untuk mencari ide melalui buku-buku bisnis. Dalam hal ini, terdapat beberapa rekomendasi buku untuk belajar dan memulai bisnis bagi Anda.

Apalagi, buku merupakan jendela ilmu dunia yang mana Anda akan menemukan pengetahuan baru setelah membacanya. Pengetahuan dan wawasan baru inilah yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis pemula. Maka dari itu, artikel ini akan membahas rekomendasi buku untuk belajar dan memulai bisnis bagi pebisnis pemula.

Tertarik membacanya? Berikut rekomendasinya untuk Anda!

Rekomendasi Buku Bisnis

1. Think and Grow Rich (Napoleon Hill)

Pertama, Anda bisa membaca karya Napoleon Hill yang diterbitkan pertama kali tahun 1937 dan menjadi salah satu buku terlaris sepanjang masa dengan judul Think and Grow Rich. Buku ini menjelaskan 13 prinsip untuk menjadi orang kaya, mulai dari hasrat, keyakinan, sugesti, keputusan, kegigihan, imajinasi, pengetahuan khusus, seksualitas, otak, indera keenam, perencanaan terorganisir, pengetahuan khusus, dan kekuatan mastermind. Dalam hal ini, prinsip tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain.

Hill mengungkapkan bahwa sebuah prestasi dan kekayaan bisa diwujudkan karena diawali dengan mimpi yang besar. Pada intinya, memiliki keyakinan dan pikiran yang positif dapat memberikan pengaruh besar dalam mewujudkan kesuksesan. Buku ini juga menekankan pentingnya kerja keras untuk mencapai keberhasilan di masa mendatang.

2. Zero to One: Membangun Start Up (Peter Thiel)

Peter Thiel membuat karya yang sangat menarik dengan pembahasan berupa gagasan inovatif untuk memulai dan membangun perusahaan startup. Tak heran, Thiel sendiri merupakan salah satu pendiri PayPal dan telah menjadi seorang pengusaha sukses. Hal ini membuat buku Zero to One memiliki beberapa poin mendalam tentang teknologi, bisnis, dan inovasi.

Buku ini hadir dengan memberikan penekanan pentingnya inovasi yang unik dalam membangun bisnis supaya menjadi sukses. Apalagi, jika dipadukan dengan teknologi yang terus berkembang saat ini. Pasalnya, Thiel mengungkapkan bahwa teknologi merupakan keajaiban karena bisa menjadikan kita untuk berbuat lebih banyak, terutama dalam dunia bisnis.

Seperti halnya yang diungkapkan oleh Rice & Zegart dalam bukunya yang berjudul Political Risk, di mana dunia bisnis mempunyai pengaruh yang lebih besar di berbagai aspek. Apalagi, jika dipadukan dengan berkembangnya teknologi, sudah pasti bisa merubah beberapa aspek kehidupan.

3. Online Business Golden Book (Ery Prasetyawan)

Perkembangan dunia teknologi semakin pesat, tentu harus diimbangi dengan bagaimana cara seorang pebisnis pemula bisa bersaing di tengah banyaknya bisnis besar sekarang ini. Ery Prasetyawan menjawab pertanyaan ini dengan mengeluarkan karya dengan judul Online Business Golden Book. Karya ini menjadi sebuah panduan bagi pebisnis untuk memulai bisnis melalui internet maupun media sosial.

Anda harus melek teknologi dan memulai bisnis atau jualan secara online. Melalui Online Business Golden Book, Anda akan mempunyai wawasan baru perihal strategi pemasaran digital, pengembangan bisnis online, hingga manajemen merek dengan mudah. Panduannya pun tersedia dari awal dalam memulai bisnis hingga bagaimana cara melakukan secara efektif demi keberhasilan dalam jangka panjang.

4. Rahasia di Balik Produk dan Gagasan yang Viral (Jonah Berger)

Bagi pebisnis pemula, tentu pernah berpikir bagaimana cara supaya produk menjadi viral di media sosial dan mampu dikenal oleh banyak orang, sehingga bisa meningkatkan penjualan. Jonah Berger memberikan solusi melalui karya dengan judul “Contagious: Rahasia di Balik Produk dan Gagasan yang Viral”. Buku ini terdapat beberapa poin penting untuk membuat ide supaya produk menjadi viral.

Kerangka kerja STEPPS (Social, Currency, Triggers, Emotion, Public, Practical Value, dan Stories) menjadi prinsip yang bisa dilakukan untuk membuat produk viral. Berger pun mengungkapkan bahwa cerita memiliki peranan yang kuat untuk mempengaruhi orang lain atau konsumen. 

Konten yang bisa memikat emosi juga menjadi prinsip yang harus dilakukan pebisnis. Anda harus bisa menciptakan konten yang bisa menarik emosi orang lain melalui kekaguman, kegembiraan, dan lain sebagainya. Berger berhasil memberikan pandangan baru kepada pebisnis karena karyanya ini dibuat dengan konsep penelitian dan contoh yang sangat jelas, sehingga memudahkan pembaca untuk memahaminya.

5. The Catalyst Cara Mengubah Pikiran Siapapun (Jonah Berger)

Jonah Berger juga membuat karya luar biasa dengan menggali secara mendalam bagaimana untuk mengubah pikiran orang lain. Melalui riset yang dilakukan, penulis memberikan beberapa perspektif dan strategi untuk membentuk pemikiran orang lain.

Buku ini memaparkan seorang “Catalyst” menjadi seseorang yang bisa untuk memicu perubahan melalui pikiran maupun tindakan orang lain. Berger memberikan satu prinsip berupa “Reduce” yang bisa dijadikan panduan untuk merubah pikiran orang lain. Dalam hal ini, bisa dimulai dengan memahami alasan seseorang sering menolak perubahan yang ditawarkan.

6. Bagaimana Bisnis-bisnis Besar Mencapai Kesuksesan Jangka Panjang (Simon Sinek)

Simon Sinek memberikan pandangan baru kepada pebisnis pemula untuk mencapai kesuksesan jangka panjang melalui karyanya. Penulis mengungkapkan bahwa tujuan menjadi kunci utama bagaimana kita bisa membangun bisnis menjadi lebih besar. 

Buku ini menjelaskan jika bisnis merupakan permainan tanpa batas, sehingga pemain baru harus memiliki wawasan yang luas supaya bisa bersaing dengan bisnis besar. Hal ini mungkin bisa dilakukan dengan membangun tim yang kuat serta saling percaya satu sama lain untuk menghadirkan permainan tanpa batas. 

Pada intinya, cara mencapai kesuksesan jangka panjang dalam dunia bisnis adalah dengan menggunakan kemauan dan sumber daya yang ada untuk mewujudkan tujuan besar secara bersama. Tentu, ini menjadi salah satu rekomendasi buku untuk belajar dan memulai bisnis yang sangat bagus bagi pemula.

7 Rahasia Berinvestasi Ala Warren Buffet: Panduan Sederhana untuk Pemula (Mary Buffett, Sean Seah)

Mary Buffett dan Sean Seah menciptakan karya untuk memberikan pengetahuan tentang prinsip investasi yang diterapkan oleh salah satu investor ternama, yakni Warren Buffett. Buku ini menjadi sebuah panduan bagi calon investor mulai dari menilai, membeli saham, hingga bagaimana teknik dan strategi yang harus dilakukan.

Penulis pun menjelaskan strategi investasi jangka panjang yang berkelanjutan dengan melibatkan kesabaran, pemahaman terhadap perusahaan, dan lain sebagainya. Terdapat tiga langkah penting yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan risiko, yakni memilih saham yang bagus dengan risiko rendah, membeli saham ketika harga bagus dengan margin keamanan, serta melakukan diversifikasi saham ke beberapa keranjang.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membaca salah satu buku di atas? Beberapa rekomendasi buku untuk belajar dan memulai bisnis tersebut sangat bagus bagi calon pebisnis pemula untuk menambah pengetahuan dan wawasan lebih luas demi kesuksesan di masa mendatang.

Written by Jari Telunjuk
Tukang jaga di jaritelunjuk Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *