Rekomendasi

7 Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik yang Wajib Kamu Baca

Banyak yang bertanya-tanya mengenai apa saja manfaat membaca rekomendasi buku self improvement jawabannya adalah untuk lebih memahami diri sendiri. Selain itu, membaca...

Written by Jari Telunjuk · 3 min read >

Banyak yang bertanya-tanya mengenai apa saja manfaat membaca rekomendasi buku self improvement jawabannya adalah untuk lebih memahami diri sendiri. Selain itu, membaca buku pengembangan diri juga bermanfaat dalam meningkatkan kualitas diri sendiri.

Sekarang ada banyak buku self improvement yang bisa kamu baca dari penulis lokal maupun penulis luar. Isinya sangat insightful dan sangat direkomendasikan untuk masuk ke daftar bacaanmu.

Rekomendasi Buku Self Improvement

Ada banyak jenis buku self-improvement yang tersedia di pasaran. Beberapa buku fokus pada pengembangan diri secara pribadi, seperti meningkatkan kepercayaan diri, mengatasi kecemasan, dan membangun hubungan yang lebih baik. 

Buku lainnya fokus pada pengembangan diri secara profesional, seperti meningkatkan keterampilan kepemimpinan, meningkatkan produktivitas, dan mencapai kesuksesan. Berikut adalah beberapa contoh buku self-improvement yang cukup populer di Indonesia:

1. Filosofi Teras (Henry Manampiring)

Buku ini ditulis oleh Henry Manampiring, seorang penulis dan penerjemah asal Indonesia. Buku ini menceritakan tentang pemikiran-pemikiran filsuf Yunani kuno, Epictetus, yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Filosofi Teras mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang tangguh, bijaksana, dan bahagia.

Dengan membaca buku ini, Kamu akan belajar untuk menghadapi tantangan hidup dengan lebih tenang dan bijak. Kamu juga akan belajar untuk lebih menghargai diri sendiri dan orang lain.

Alasan kenapa kamu wajib membaca Filosofi Teras:

  • Filosofi Teras ditulis dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami.
  • Isi dari Filosofi Teras dapat memberikan kita perspektif baru tentang kehidupan.
  • Filosofi Teras dapat membantu kita untuk mengatasi masalah-masalah dalam hidup.

Baca juga : Resensi Buku Filosofi Teras – Henry Manampiring

2. The Alpha Girl’s Guide (Henry Manampiring)

The Alpha Girl’s Guide adalah rekomendasi buku self improvement yang juga ditulis oleh Henry Manampiring tentang alpha female. Lewat buku ini penulis menegaskan bahwa perempuan bukanlah makhluk yang lemah seperti yang dipikirkan orang selama ini.

Perempuan bisa berpikir logis sehingga dapat menghadapi risiko atas keputusan yang diambil sendiri. Sesuai dengan judulnya, buku ini ditulis berdasarkan sudut pandang perempuan yang harus logis dan menggunakan akal sehatnya.

Alpha female adalah karakter perempuan tangguh, menginspirasi, kuat, dominan, ambisius, dan bisa memimpin kelompok. Perempuan dengan karakter alpha adalah perempuan percaya diri, cerdas, berani, dan mandiri.

Hal ini yang membuat banyak orang kagum dengan sosok alpha female karena terlihat sangat hebat dan berani. Di dalam buku ini terdapat tips untuk menjadi perempuan seperti itu sehingga bisa memotivasi perempuan lainnya.

Alasan kenapa kamu wajib Membaca The Alpha Girl’s Guide:

  • The Alpha Girl’s Guide dapat membantu kamu khususnya wanita untuk mengembangkan diri dan mencapai potensi terbaikmu.
  • The Alpha Girl’s Guide memberikan motivasi dan inspirasi untuk kamu para wanita agar lebih percaya diri, berani mengambil keputusan, dan tidak mudah menyerah

3. Atomic Habits (James Clear)

Atomic Habits ditulis oleh James Clear, seorang penulis dan pelatih asal Amerika Serikat. Buku dengan sampul putih dan tebal 356 halaman ini tentang tiga tahap perubahan yaitu perubahan identitas, perubahan hasil, dan perubahan proses. 

Buku ini membahas tentang pentingnya perubahan kecil yang dilakukan secara konsisten untuk mencapai tujuan yang besar. Atomic Habits mengajarkan kita bagaimana untuk membangun kebiasaan yang baik dan menghilangkan kebiasaan buruk.

Alasan kenapa kamu wajib membaca Atomic Habits:

  • Atomic Habits dapat membantu kamu untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan.
  • Atomic Habits memberikan kamu strategi praktis untuk membangun kebiasaan baik.

4. Menyakitkan Tapi Tak Seburuk yang Kupikirkan (Lee You Jeong)

Menyakitkan Tapi Tak Seburuk yang Kupikirkan adalah rekomendasi buku self improvement yang diangkat dari kisah nyata penulis itu sendiri. Lee You Jeong adalah perempuan asal Korea yang mengidap fibroid rahim.

Selama perjalanannya mempelajari penyakit tersebut, Lee You Jeong banyak menemukan hal baru dalam hidupnya. Seperti perjalanan tokoh di novel Orang-Orang Bloomington yang hidup dengan berbagai perasaan.

Baca juga : 7 Rekomendasi Novel Sastra Indonesia Terbaik, Selalu Best Seller

Lee You Jeong juga demikian, dimulai dari dirinya yang mempelajari tentang apa itu fibroid rahim dan mengapa harus operasi. Walaupun dokter menyarankan dirinya untuk operasi tetapi dia tidak langsung melakukannya.

Penulis menceritakan bagaimana dirinya mencari tahu tentang penyakit tersebut, mendapatkan komentar dari orang terdekat terhadap penyakitnya, dan hal-hal lainnya. Bahkan dari penyakit itu, penulis bisa kembali membentuk pribadi yang baru.

Dirinya mulai belajar untuk mengurangi penggunaan kosmetik dan mengganti peralatan rumah dengan yang lebih ramah lingkungan. Penulis juga bisa semakin mengenal dirinya lewat penyakit tersebut.

Buku ini sangat direkomendasikan untuk pembaca yang ingin belajar tentang dunia kesehatan, khususnya mengenai penyakit fibroid rahim. Dengan membaca buku ini, Kamu akan belajar untuk menjadi lebih kuat dan tangguh dalam menghadapi tantangan hidup. Kamu juga akan belajar untuk lebih menghargai hidup yang kamu miliki.

5. Aku Bukannya Menyerah Hanya Sedang Lelah (Geulbaewoo)

Geulbaewoo adalah salah satu penulis rekomendasi buku self improvement asal Korea yang menceritakan kisah nyata. Bukunya tentang kumpulan esai berisi perjuangan penulis untuk bertahan hidup di masa sulit.

Diceritakan penulis memiliki banyak utang dan ia memilih untuk merantau ke kota lain namun sulit mendapatkan pekerjaan. Akhirnya penulis memutuskan untuk berjualan salah satu makanan khas Korea namun sulit mendapatkan konsumen.

Lewat buku ini, penulis mengajak pembaca untuk tetap bertahan walaupun dunia sangat kejam. Perjuangan penulis tinggal di rumah sempit dengan beraneka kegagalan bisa membuat pembaca terinspirasi dan merasa kembali hidup.

Penulis juga menambahkan quotes yang relate dengan kehidupan orang yang berada di masa quarter life crisis yang dialami anak-anak muda. Buku ini sangat cocok untuk Kamu yang sedang merasa lelah dan putus asa dalam menjalani hidup.

6. Insecurity is My Middle Name Ditulis (Alvi Syahrin)

Apakah kamu sering merasa minder dengan kelebihan yang dimiliki oleh orang lain? Sebaiknya maku membaca salah satu rekomendasi buku self improvement dari Alvi Syahrin yang berjudul Insecurity is My Middle Name.

Penulis membahas banyak hal mengenai insecurity yang sering dialami oleh pembaca seperti terhadap fisik yang kurang menarik, masa depan buram, membenci diri sendiri, jauh tertinggal dari orang lain, dan cara berdamai dengan perasaan tersebut.

Lewat buku ini penulis juga membagikan kisahnya dulu saat masih terpuruk dan bagaimana caranya bangkit. Penulis seolah-olah memahami isi hati pembaca yang terus terpuruk akibat insecurity tersebut.

7. Jika Kita Tak Pernah Baik-baik Saja Ditulis Oleh Alvi Syahrin

Terakhir adalah Jika Kita Tak Pernah Baik-baik Saja karya Alvi Syahrin yang dapat menemani kamu ketika merasa down. Ada banyak kutipan menyentuh yang ditulis penulis serta nasihat untuk tetap terus bertahan.

Buku ini bisa menjadi teman bagi kamu yang sedang butuh semangat karena seolah-olah kalimat di dalamnya memahami apa yang sedang pembaca rasakan. Buku ini terdiri dari banyak bab yang isinya sangat relate dengan pembaca.

Baca juga : 10 Rekomendasi Buku Public Speaking yang Harus Anda Baca Sekarang

Ada 4 bab yang membahas tentang Patah Hati, Pengkhianatan, Kehilangan, Letting Go: Melepaskan, Kebahagiaan yang Telah Lama Hilang, dan Self Love. Dengan membaca buku ini, kamu akan belajar untuk lebih realistis dalam menghadapi hidup. Kamu juga akan belajar untuk lebih bersyukur atas apa yang kamu miliki.

Di atas adalah rekomendasi buku self improvement terbaik yang best seller sehingga bisa kamu baca ketika pikiran sedang suntuk. Membaca buku pengembangan diri rasanya seperti berbicara dengan teman.

Written by Jari Telunjuk
Tukang jaga di jaritelunjuk Profile

2 Replies to “7 Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik yang Wajib Kamu Baca”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *