Fiksi, Non Fiksi, Rekomendasi

7 Rekomendasi Buku Sejarah Dunia Terbaik

Sejarah merupakan salah satu topik yang menjelaskan mengenai peristiwa masa lalu. Beragam peristiwa yang sudah terjadi memberikan informasi penting bagi perjalanan hidup...

Written by Jari Telunjuk · 4 min read >
7 Rekomendasi Buku Sejarah Dunia Terbaik

Sejarah merupakan salah satu topik yang menjelaskan mengenai peristiwa masa lalu. Beragam peristiwa yang sudah terjadi memberikan informasi penting bagi perjalanan hidup manusia. Maka dari itu, saat ini sudah banyak rekomendasi buku sejarah yang bisa diambil manfaat dan dijadikan sebagai sebuah pembelajaran.

Apalagi, kehidupan yang sekarang ini dijalani tidak lepas dengan namanya sejarah dari masa lalu. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang memiliki berbagai macam peristiwa besar di masa lalu. Saat ini, peristiwa tersebut dijadikan sebuah kenang-kenangan dengan menuliskan di beberapa buku sejarah.

Berbagai kenang-kenangan tersebut bisa Anda temukan melalui beberapa rekomendasi buku sejarah berikut ini. Simak informasi selengkapnya sebagai berikut:

Nusantara (Vlekke)

Nusantara (Vlekke)

Nusantara menjadi salah satu buku sejarah yang membahas peristiwa masa lalu dari kacamata Vlekke sebagai orang asing. Buku ini menggunakan pembawaan cerita yang sangat menarik karena mengisahkan peristiwa Indonesia ribuan tahun lalu dari pandangan orang Belanda.

Bernard H. M. Vlekke sebagai sang author menuliskan bahwa, “Buku Nusantara dirancang menjadi salah satu sejarah Indonesia bukan perluasan perusahaan kolonial Belanda yang ada di luar negeri”. Buku sejarah Nusantara telah terbit pada 1943 dan lebih fokus membahas perihal periode prasejarah hingga pada masa penjajahan kolonial Belanda.

Melalui buku Nusantara, Vlekke menyinggung beberapa aspek dalam upaya perkembangan Indonesia, yakni sosial, politik, dan ekonomi. Bahkan, sang penulis juga memberikan pembahasan perihal peran kebudayaan, geografi, dan faktor lain yang bisa mempengaruhi perkembangan masyarakat di Indonesia.

Sejarah Indonesia Modern (Ricklefs)

Sejarah Indonesia Modern (Ricklefs)

Sejarah Indonesia Modern karya dari M.C. Ricklefs membahas semua perjalanan Indonesia hingga menjadi sebuah bangsa. Mulai dari masuknya Islam ke Indonesia hingga terpilihnya SBY menjadi Presiden Indonesia pada 2004 lalu. Pembahasan di dalam buku lebih menekankan pada aspek sejarah rakyat Indonesia, mulai dari permasalahan sosial, budaya, politik, hingga ekonomi dibahas di dalamnya.

Kedatangan Islam ke Indonesia sendiri memiliki tiga fundamental yang mampu mempersatukan periode sebagai sebuah unit sejarah yang padu. Pertama, ada unsur kebudayaan serta keberagamaan: islami Indonesia yang sudah ada sejak 1200 hingga sampai sekarang ini. 

Baca juga : Buku Ekonomi Politik – 7 Buku Rekomendasi untuk Anda Baca!

Kedua, unsur topik: suatu kondisi yang saling mempengaruhi antara masyarakat Indonesia dan Barat sejak tahun 1500 dan terus berlanjut sampai saat ini. Ketiga, terdapat unsur historiografi: di mana sebagian besar sumber primer pada saat periode ini ditulis menggunakan bahasa Indonesia yang modern. 

Melalui beberapa pembahasan tersebut, buku karya Ricklefs menjadi sebuah jawaban atas pertanyaan bagaimana komunitas dari berbagai kepulauan serta perbedaan bahasa dan etnis seluruh Indonesia.

Tionghoa dalam Pusaran Politik (Benny Setiono)

Tionghoa dalam Pusaran Politik (Benny Setiono)

Benny G Setiono menerbitkan buku sejarah tentang penyebaran agama Islam yang masuk ke Indonesia dan tidak lepas dari peranan masyarakat Tionghoa. Melalui buku “Tionghoa dalam Pusaran Politik”, Benny mengungkapkan bahwa penyebaran Islam terbongkar pada 1928. Hal ini disebabkan karena tulisan Tionghoa tersimpan di sebuah Kelenteng Sam Po Kong yang dirampas Residen Poortman.

Melalui catatan bahasa Tionghoa tersebut, terdapat berbagai cerita peran masyarakat Tionghoa yang menyebarkan agama Islam dan mampu membentuk kerajaan Islam di Jawa. Salah satu kerajaan tersebut yang eksis sampai saat ini adalah Kerajaan Islam Demak.

Benny juga menuliskan bahwa terdapat beberapa Walisongo yang memiliki darah Tionghoa, Sunan Ngampel salah satunya. Artinya, buku tersebut mengisahkan nasib masyarakat Tionghoa yang membantu perubahan besar dalam hal politik di Indonesia.

Raden Saleh (Harsja, Peter Carey, Onghokham)

Raden Saleh (Harsja, Peter Carey, Onghokham)

Rekomendasi buku sejarah selanjutnya adalah karya dari Harsja W. Bachtiar, Peter Caret, dan Onghokham bernama Raden Saleh: Anak Belanda; Mooi Indie: dan Nasionalisme. Buku ini hadir menjelaskan tentang kontroversi Raden Saleh perihal jiwa kebangsaannya yang selalu dipertanyakan pada zaman itu.

Raden Saleh sendiri merupakan sosok maestro seni lukis di Indonesia dengan karya-karya yang sangat fenomenal. Namun, sosok maestro ini mendapatkan kecaman akibat memutuskan pergi ke Belanda selama bertahun-tahun dan memilih mengabdi kepada Raja Willem III. Padahal, sanak saudara beserta kawannya di Indonesia bersusah payah untuk memerangi Belanda bersama Pangeran Diponegoro.

Sontak, hal tersebut membuat warga pribumi mempertanyakan bagaimana sisi nasionalisme dari sang maestro. Meski begitu, Raden Saleh memutuskan kembali lagi ke Jawa dengan membuat lukisan yang sangat indah dan mengharukan. Pasalnya, lukisan tersebut memberikan makna tersirat mengenai penangkapan Pangeran Diponegoro di Magelang.

Baca juga : Rekomendasi Buku Tentang Sejarah Indonesia Pada Masa Perjuangan Kemerdekaan

Alhasil, karya lukisan dari sang maestro mampu menarik perhatian warga pribumi. Dengan kata lain, nasionalisme dari Raden Saleh bukanlah melakukan peperangan terhadap kolonialisme. Melainkan, memilih mengabadikan ragam perjuangan kaum pribumi melalui tulisan eksotik nan mengharukan.

History of the World (Frank Welsh)

History of the World (Frank Welsh)

Munculnya Homo Erectus sejak 1,5 juta tahun yang lalu, membuat Frank Welsh menerbitkan karya bernama History of the World dan menjadi salah satu rekomendasi buku sejarah terbaik saat ini. History of the World menceritakan beragam kisah dari Abad pertengahan, revolusi industri, hingga zaman terorisme.

Frank menjelaskan kisah pertumbuhan, kelangsungan hidup, hingga pencapaian manusia di semua benua pada saat itu. Melalui buku tersebut, mampu memberikan wawasan perihal kehidupan orang biasa dari pandangan seluruh dunia. 

Sesuai namanya “History of the World” atau sejarah dunia, Frank menjelaskan bagaimana gambaran mutlak terkait evolusi manusia dan peradaban besar di dunia.

As Long As the Lemon Trees Grow (Zoulfa Katouh)

As Long As the Lemon Trees Grow (Zoulfa Katouh)

Rekomendasi buku sejarah kali ini berupa novel karya seorang pemudi berdarah Suriah bernama Zoulfa Katouh. Buku ini bernama “As Long as the Lemon Trees Grow” dan mengisahkan tentang Suriah, perjuangan, cinta, dan harapannya. 

Zoulfa Katouh menuliskan cerita yang mengajak para pembaca untuk masuk ke dalam keganasan konflik Suriah. Perlu diketahui, jika Suriah selama kurang lebih 11 tahun mengalami situasi konflik bersenjata yang sangat mengerikan hingga mengalami krisis kemanusiaan.

Melalui buku ini, Zoulfa menceritakan bagaimana dia harus berusaha untuk menyelamatkan nyawa ratusan korban konflik di Suriah. Terlebih lagi, situasi buruk yang terus mengancam warga membuat Zoulfa selalu merasa bersalah ketika tidak bisa menyelamatkan nyawanya. Kondisi rumah sakit yang tidak henti kedatangan korban, membuat mentalnya semakin terpuruk.

The War that Saved My Life (Kimberly Brubaker Bradley)

The War that Saved My Life (Kimberly Brubaker Bradley)

Kimberly Brubaker Bradley kembali menerbitkan karyanya pada 11 Agustus 2020 lalu dan termasuk menjadi salah satu rekomendasi buku sejarah terbaik di dunia. Buku karya Kimberly ini mengisahkan sosok anak perempuan bernama Ada Maria Smith berusia 10 tahun yang tinggal di rumah kumuh dan sempit di London.

Baca juga : Resensi Buku Matinya Demokrasi dan Kuasa Teknologi – Jamie Bartlett

Anak perempuan tersebut tidak diizinkan keluar dan hanya dikurung di lemari lembab oleh ibunya. Hal ini dilakukan karena sang ibu malu mempunyai anak berkaki pekuk. Akan tetapi, kondisi itu berubah ketika Perang Dunia II mulai memanas yang membuat pemerintah harus mengevakuasi anak di kota dan mengirimkan ke perdesaan.

Seorang wanita bernama Susan Smith yang tinggal di desa pesisir terpaksa menerima Ada serta adiknya, Jamie. Di sini, Ada memiliki kebebasan untuk belajar berjalan, membaca, dan menulis. Dengan begitu, itulah kenapa “The War that Saved My Life” hadir dibuat oleh penulis terkenal Kimberly.

Hidup di zaman modern, tidak patut rasanya meninggalkan sejarah. Kehidupan sekarang ini, tidak lepas dari yang namanya sejarah. Beberapa rekomendasi buku sejarah di atas bisa dijadikan sebagai pedoman untuk mengenang peristiwa penting di masa lalu. Maka dari itu, keberadaan buku sejarah sangat penting digunakan untuk mempelajari beberapa hal di masa lalu dan dijadikan sebagai bahan pembelajaran.

Written by Jari Telunjuk
Tukang jaga di jaritelunjuk Profile

One Reply to “7 Rekomendasi Buku Sejarah Dunia Terbaik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *