Rekomendasi

7 Rekomendasi Buku Psikologi Anak yang Wajib Dimiliki Orang Tua

Psikologi anak merupakan cabang ilmu psikologi yang khusus untuk mempelajari perkembangan, perilaku, pola pikir, emosi, serta cara anak dalam memahami dunia atau...

Written by Jari Telunjuk · 3 min read >

Psikologi anak merupakan cabang ilmu psikologi yang khusus untuk mempelajari perkembangan, perilaku, pola pikir, emosi, serta cara anak dalam memahami dunia atau lingkungan sekitar. Maka dari itu, tidak ada salahnya Anda membaca buku yang berkaitan dengan psikologi anak supaya bisa memberikan parenting yang bagus. Dalam hal ini, terdapat beberapa rekomendasi buku psikologi anak paling best seller bagi orang tua zaman sekarang.

Ketika Anda membaca buku, tentu akan mendapatkan berbagai pengetahuan dan wawasan baru lebih luas. Hal ini sangat bermanfaat karena Anda sebagai orang tua bisa membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih baik dalam berbagai aspek. Baik perkembangan fisik dan kognitif, emosi dan sosial, lingkungan, dan lain sebagainya.

Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi buku psikologi anak yang bisa Anda baca. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini, ya!

1. Psikologi Perkembangan Anak (Maya S)

Maya S menghasilkan sebuah karya dengan judul “Psikologi Perkembangan Anak” yang sangat bermanfaat bagi orang tua. Buku ini mengungkapkan bagaimana setiap anak dilahirkan dengan kepribadian spesial dan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Apalagi, kepribadian seorang anak menjadi faktor paling krusial untuk kehidupan di masa mendatang.

Melalui buku Psikologi Perkembangan Anak, orang tua akan diajarkan bagaimana membentuk kepribadian anak dengan baik. Mulailah dengan mengamati perilakunya untuk bisa memahami anak. Hal ini dapat membantu Anda untuk memahami pola perilaku anak dan bagaimana ia bisa menyesuaikan dirinya di lingkungan sekitar.

2. Kecanduan Gadget dan Efeknya pada Konsentrasi Belajar (Elvi Oktarina, Esi Afriyanti, Intan Permata Sari)

Saat ini, gadget tidak bisa lagi dipisahkan oleh seorang individu, baik anak-anak, remaja, hingga dewasa sekalipun. Hal ini membuat Elvi Oktarina, Esi Afriyanti, dan Intan Permata Sari mengeluarkan karya mereka tentang kecanduan gadget dan efeknya pada konsentrasi belajar. Bukan suatu hal mustahil lagi, jika gadget dapat mempengaruhi konsentrasi dan menurunkan keinginan untuk belajar.

Baca juga : 14 Rekomendasi Buku Anak-anak Terbaik yang Wajib Dibaca

Buku ini mengungkapkan bahwa remaja yang kecanduan gadget sama halnya dengan kecanduan narkoba. Hal ini dikarenakan gadget bisa merangsang otak untuk memproduksi zat kimia, sehingga membuat seseorang merasa senang tanpa disadari dan selalu menggunakan gadget secara terus menerus. 

Maka dari itu, ketika Anda membaca buku ini, tentu dapat memberikan pengetahuan perihal gadget dan dampaknya. Dengan begitu, Anda bisa membatasi hingga tidak memberikan sedikitpun gadget kepada buah hati supaya tidak terkena dampak yang fatal.

3. Konseling Anak-anak (Kathryn Geldard, David Geldard, Rebecca Yin Foo)

Seorang anak, memang memiliki emosional yang masih labil. Maka dari itu, sebagai orang tua harus bisa mengontrol emosi dan memberikan pengawasan terhadap tingkah laku yang dilakukan anak. Kathryn Geldard, David Geldard, dan Rebecca Yin Foo membuat sebuah karya buku konseling anak yang dirancang khusus untuk memberikan panduan kepada orang tua dalam melakukan parenting terhadap buah hati.

Buku ini hadir sebagai panduan praktis untuk menangani emosional, perilaku, maupun pola pikir anak. Bahkan, di dalam buku ini pun sudah tersedia berbagai latihan dan aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak di rumah untuk membangun kepribadian lebih baik.

4. Bijaksana Mengasuh dan Menumbuh-kembangkan Anak: Memaksimalkan Potensi Anak Anda (Dr. Theva Nithy)

Seorang ilmuwan syaraf dan ahli pendidikan, Dr. Theva Nithy membuat sebuah karya luar biasa mengenai pengasuhan dan perkembangan anak. Buku ini tidak hanya berfokus bagaimana cara mengasuh dan menumbuh-kembangkan anak saja, melainkan orang tua bisa menciptakan lingkungan yang menyenangkan bagi anak untuk belajar.

Hadirnya karya dari Dr. Theva Nithy ini tidak lepas dari fakta nyata seorang anak yang mempunyai hasrat besar untuk belajar dan rasa ingin tahu juga sangat tinggi. Melalui buku ini, akan dijawab bagaimana orang tua melibatkan pikiran anak yang masih kecil, bagaimana mempersiapkan anak di masa mendatang, dan lain sebagainya. 

5. Menilik Lebih Dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Peran Orang Tua, Guru, dan Institusi (Dr. Weny Savitry S. Dkk)

Rekomendasi buku psikologi anak selanjutnya adalah karya dari Dr. Weny Savitry S. Dkk yang menjadi petunjuk atau panduan dalam mengontrol perilaku anak saat masa awal pertumbuhan. Panduan ini ditulis sesuai dengan perkembangan psikologis anak, sehingga orang tua bisa membentuk kepribadian anak sedari usia dini, terutama dalam hal pendidikan.

Baca juga : 7 Rekomendasi Novel Sastra Indonesia Terbaik, Selalu Best Seller

Jadikan buah hati Anda seperti anak-anak cerdas dan berani memiliki mimpi yang tinggi seperti tokoh pada novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Hal ini bisa Anda mulai sejak usia dini dengan mengikuti panduan dari buku karya Dr. Weny Savitry S. Dkk. Melalui buku ini, terdapat saran dan petunjuk bagi orang tua untuk membantu anak supaya bisa belajar lebih efektif.

6. Psikologi dan Intervensi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (Ni’amatuzahroh, Sri Retno Yulaini, Soen, Mein-Woe)

Anak kebutuhan khusus memang memiliki perbedaan dibandingkan anak pada umumnya. Namun, mereka memiliki kelebihan yang harus difasilitasi serta digali supaya tidak tertutupi oleh kekurangannya. Inilah yang diungkapkan pada buku “Psikologi dan Intervensi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus karya Ni’amatuzahroh, Sri Retno Yulaini, Soen, dan Mein-Woe.

Buku ini membahas faktor penyebab gangguan anak berkebutuhan khusus serta bagaimana karakteristiknya. Kemudian, faktor ini bisa diberikan penanganan yang terbaik supaya mereka tidak merasa tertinggal dengan anak lainnya. Penulis pun memberikan informasi bagaimana orang tua, ahli psikologi, hingga tenaga pendidik dalam memberikan dukungan dan pendidikan kepada anak berkebutuhan khusus.

7. Mengenal Anak Melalui Gambar (Roseline Davido)

Gambar bisa menjadi salah satu alat untuk mengenal bagaimana buah hati kita. Memiliki makna dan simbol yang tersirat, memungkinkan anak berpikir dan bertanya, sehingga orang tua bisa menjelaskan lebih rinci dan anak mendengar serta mengingatnya. Roseline Davido menulis sebuah buku berjudul “Mengenal Anak Melalui Gambar”.

Buku ini menjelaskan bagaimana gambar bisa membantu anak-anak untuk mengekspresikan diri dan mengungkapkan perasaan. Orang tua pun menjadi lebih tahu apa yang sedang dirasakan dan dialami oleh seorang anak melalui gambar.

Baca juga : 10 Rekomendasi Komik Pendidikan Indonesia Terbaik Untuk Anak-Anak

Penulis mengulas perihal pentingnya gambar bagi seorang anak melalui metode atau tes proyektif CHaD (Childhood Hand that Disturbs) yang mengambil dasar dari psikoanalisis. Apalagi, di dalam buku juga sudah dilengkapi dengan beberapa contoh yang dibuat oleh anak disertai dengan penjelasan lengkap.

Apakah Anda tertarik untuk membacanya? Apalagi bagi Anda yang sudah menjadi orang tua, maka buku-buku di atas sangat penting untuk menemani tumbuh kembang buah hati. Beberapa rekomendasi buku psikologi anak di atas bisa Anda pilih, dibaca, dipahami, dan dipraktekkan supaya membantu untuk mengetahui perkembangan, pola pikir, dan emosi seorang anak.

Written by Jari Telunjuk
Tukang jaga di jaritelunjuk Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *