Fiksi, Rekomendasi

7 Novel Psikologi Thriller yang Wajib Dibaca Penggemar Genre Thriller

Sesuai namanya, novel dengan genre psikologi thriller punya ciri khas sebagai cerita penuh misteri dengan kisah yang kompleks. Beberapa buku ini bahkan...

Written by Jari Telunjuk · 3 min read >

Menemukan bacaan thriller psikologi yang menarik memang bukan perkara gampang. Apalagi jika kurang familiar dengan genre tersebut dan hanya sekedar tahu pengarangnya saja. Tapi jangan khawatir, ada rekomendasi novel psikologi thriller yang bisa Anda baca. 

Baca juga : 10 Rekomendasi Buku Psikologi Terbaik yang Wajib Dibaca!

Sesuai namanya, novel dengan genre psikologi thriller punya ciri khas sebagai cerita penuh misteri dengan kisah yang kompleks. Beberapa buku ini bahkan mengangkat cerita pembunuhan yang akan membuat Anda memutar otak. Berikut adalah rekomendasi terbaik dari novel psikologi thriller yang bisa Anda pertimbangkan. 

1. The Silent Patient oleh Alex Michaelides

The Silent Patient atau Pelukis Bisu merupakan karya buah tangan dari Alex Michaelides. Terbit pertama kali pada tahun 2019, buku ini menceritakan tentang seorang wanita yang menjadi tersangka pembunuhan suaminya. Namun bukannya mengaku, wanita ini malah enggan untuk berbicara lagi. 

Petugas kepolisian tak berhasil membuatnya berbicara, karena mantan istri ini tidak menyangkal, tapi tak juga mengaku bahwa ia membunuh suaminya. Namun dalam kebisuannya, wanita ini menyampaikan informasi lewat lukisan yang merupakan potret diri. 

Lukisan yang wanita ini buat akhirnya menjadi buah bibir, membuat seorang terapis bernama Theo Fiber tertarik untuk mengajaknya kembali bicara. Dalam lukisan tersebut, sang mantan istri menuliskan judul lukisan bernama Alcetis yang ditulis dengan huruf Yunani, yang nantinya menjadi kunci mengenai kasus pembunuhan suaminya. 

2. Rumah Lebah oleh Ruwi Meita

Rekomendasi novel psikologi thriller selanjutnya adalah karya penulis berbakat Indonesia, Ruwi Meita, dengan judul Rumah Lebah. Kisah dalam Rumah Lebah cukup menarik, dikisahkan ada seorang anak jenius bernama Mala yang terobsesi dengan pengetahuan dan ensiklopedia. 

Mala hanya hidup bersama kedua orang tuanya, namun Mala malah menyebutkan enam orang asing yang juga tinggal dan hidup bersama mereka. Bahkan Mala tahu nama-nama mereka, mulai dari Satira yang membuat Mala takut, Wilis yang menjadi sahabatnya, Abuela yang membantunya belajar bahasa Spanyol, serta Tante Ana yang menurut Mala suka berdandan. 

Ada juga dua orang anak kembar, yang membuat Mala gugup karena mereka selalu mencatat, mendengar dan melihat berbagai sikap polah Malam. Cerita yang gelap pun bergulir dengan terungkapnya kemampuan Mala dan sikapnya terhadap enam orang asing ini. 

3. Kelab dalam Swalayan oleh Abi Ardianda

Kelab dalam Swalayan membawakan kisah yang menarik dan relate dengan kehidupan anak muda zaman sekarang. Buah karya dari Abi Ardianda ini menjadi rekomendasi novel psikologi thriller yang sayang jika dilewatkan. Ceritanya mengisahkan tentang Sonja, seorang anak bungsu tiga bersaudara yang akan menikah dalam waktu dekat. 

Abi berhasil memperlihatkan bagaimana gugupnya Sonja menunggu momen pernikahannya. Mulai dari persiapan pernikahan yang panjang, keraguan pikirannya dengan Nolan, hingga kesanggupannya untuk memenuhi berbagai syarat menjelang pernikahan dari sang bunda.

Meski membawakan tema yang dekat dengan masalah anak muda masa kini, namun Abi mengemasnya dengan berbeda. Tak lupa Abi menyelipkan pesan bagi perempuan terkait bagaimana cara mengembangkan diri atau self improvement, membuat novel ini makin menarik untuk dibaca. 

4. Pembunuhan di Rumah Miring oleh Shimada Soji

Berlanjut ke novel psikologi thriller dari Jepang, yakni Pembunuhan di Rumah Miring oleh Shimada Soji. Kisah dari novel ini menceritakan mengenai pembunuhan dengan misteri yang menegangkan. Ceritanya mengisahkan sebuah pembunuhan di rumah miring di dekat tebing berselimut salju. 

Seorang pria tak bernama ditemukan tewas di dalam rumah tersebut, berikut dengan penemuan topeng dan boneka seram. Pihak kepolisian pun dipanggil, mereka menyelidiki bagaimana pembunuhan bisa terjadi dan motif yang menyertainya. 

Karena tak sanggup menyelesaikan misteri pembunuhan tersebut, kepolisian pun menggunakan jasa Kiyoshi Mitarai, seorang detektif terkenal. 

Jika Anda menyukai genre novel seperti ini dan hendak mencari beberapa rekomendasi novel detektif lainnya, Anda dapat melihat beberapa rekomendasi novel tersebut disini.

5. Pembunuhan Zodiak Tokyo oleh Soji Shimada

Pembunuhan Zodiak Tokyo atau The Tokyo Zodiac Murdes merupakan salah satu rekomendasi novel psikologi thriller terbaik karangan Soji Shimada. Sesuai dengan judulnya, novel ini menceritakan tentang pembunuhan berantai yang terjadi di Jepang, tepatnya di kota Tokyo. 

Hal yang menarik dan membuat cerita ini stand out dibandingkan dengan pembunuhan lain adalah psikopat yang menjadi pembunuhnya. Psikopat ini mengaitkan tindakannya dengan berbagai hal astrologi dan zodiak, membuat pihak kepolisian kesulitan untuk mengungkapkan motif pembunuhannya. 

Kasus mengenai pembunuhan yang dilakukan psikopat ini mulai mengalami titik terang 40 tahun setelahnya. Ada tiga orang yang akhirnya mencoba mengungkap siapa sebenarnya psikopat ini, yakni Kazumi Ishioka, Dr Watson, dan Kiyoshi Mitarai. Anda akan diajak mengungkap pembunuhan yang diselingi dengan pengetahuan astrologi penuh magis. 

6. Katarsis oleh Anastasia Aemilia

Satu lagi penulis Indonesia berbakat yang berhasil membuat novel psikologi thriller terbaik, yakni Anastasia Aemilia. Penulis ini mengisahkan tentang trauma yang dimiliki oleh seorang gadis bernama Tara, yang menjadi saksi mata pembunuhan kedua orang tuanya. 

Sebagai rekomendasi novel psikologi thriller, Katarsis tak terbatas hanya sampai disana. Tara yang menjadi satu-satunya saksi mata pembunuhan, ternyata memiliki gangguan saraf yang membuatnya kesulitan mengungkapkan isi hatinya. Namun seiring berjalannya waktu, Tara akhirnya mampu menceritakan bagaimana perasaan yang ia pendam selama ini.

Selain mengisahkan bagaimana perjuangan Tara, Katarsis juga menampilkan dengan apik bagaimana kelegaan hati dirasakan setelah mengalami pertikaian batin. Katarsis juga baru saja mendapatkan adaptasi web drama yang tayang Maret 2023 lalu, jadi jangan sampai ketinggalan untuk membacanya. 

7. Anak Teladan (The Good Soon) oleh Jeong Yu Jeong

Jika sebelumnya sudah membahas rekomendasi novel psikologi thriller dari Indonesia, Jepang dan Amerika, kini saatnya membahas novel psikologi thriller dari Korea Selatan. The Good Son atau Anak Teladan karya Jeong Yu Joeng adalah salah satunya, novel ini punya cerita yang kompleks dengan tema misteri, thriller dan crime. 

The Good Son mengisahkan tentang Yoo Jin, yang bangun dengan bau anyir darah di sekujur tubuhnya. Sayangnya Yoo Jin tak mengingat apa yang terjadi, sebab ia punya penyakit epilepsi ringan yang membuat ingatannya terganggu. Setelah ditelusuri, terkuak bahwa darah di tubuh Yoo Jin adalah darah ibunya. 

Baca juga : 7 Rekomendasi Novel Agatha Christie yang Paling Menarik

Panik dengan apa yang terjadi, Yoo Jin hanya mengingat suara ibunya sebelum ia pingsan. Sayangnya ia tak ingat apakah suara tersebut memohon Yoo Jin agar tak membunuh sang ibu, atau malah suara ibunya yang meratap agar Yoo Jin tak membunuhnya. Sebisanya, Yoo Jin pun berusaha mengungkap apa yang sebenarnya terjadi. 

Penutup

Rekomendasi novel psikologi thriller diatas bisa jadi bacaan yang menarik untuk siapa saja, apalagi jika Anda menyukai novel dengan tema misteri yang mencekam. Bagi sebagian orang, kisah-kisah ini bisa menjadi tema yang menyegarkan karena memberikan suspense yang menegangkan selama membacanya. Temanya yang juga tergolong unik membuat novel-novel ini takkan jadi bacaan yang membosankan. 

Written by Jari Telunjuk
Tukang jaga di jaritelunjuk Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *