Fiksi, Rekomendasi

7 Novel Detektif Terbaik Sepanjang Masa

Salah satu genre didalam sebuah cerita yang memiliki penggemar yang tidak sedikit adalah misteri. Dibalik seluruh cerita dari genre tersebut, pastinya ada...

Written by Jari Telunjuk · 3 min read >

Salah satu genre didalam sebuah cerita yang memiliki penggemar yang tidak sedikit adalah misteri. Dibalik seluruh cerita dari genre tersebut, pastinya ada sebuah teka teki yang harus dipecahkan. Bahkan beberapa penulis juga menuliskan sebuah kisah detektif untuk memecahkan teka teki misteri tersebut.

Nah, jika kamu salah satu penggemar dari novel detektif, mungkin kamu sendiri harus mencoba membaca novel detektif terbaik sepanjang masa sebelum mencari novel novel detektif yang terbaru. Langsung saja, berikut kami sajikan beberapa novel detektif terbaik yang dapat kamu coba baca.

Angsa dan Kelelawar (Keigo Higashino) 

Angsa dan Kelelawar, Keigo Higashino

Keigo Higashino adalah penulis dari salah satu novel detektif terbaik, yaitu angsa dan kelelawar. Ia sendiri menulis novel ini di sela sela waktunya ketika ia bekerja di Perusahaan otomotif. Keigo memulai debut nya sebagai penulis pada tahun 1985. 

Buku ini berkisah antara dua orang yang bernama Shirashi Mirei dan Kuraki Kuzuma. Dalam semalam, hidup mereka berubah ketika Ayah Mirei berubah menjadi mayat dan ayah Kuzuma menjadi seorang pembunuh. Ayah Mirei sendiri ditemukan tewas dibunuh didalam mobil. 

Mengingat profesinya sebagai pengacara, mungkin saja ada yang menaruh dendam kepadanya. Namun, mirei sendiri yakin bahwa ayahnya adalah sosok yang jujur dan tulus sehingga akan selalu dihormati di dalam pekerjaannya. 

Sementara itu, kuzuma tidak percaya bahwa ayahnya yang pendiam mengaku telah membunuh ayah mirei. Bahkan, penyelidik mengatakan bahwa hal ini bukan pembunuhan pertama kali yang dilakukan ayah Kuzuma. Semua bukti memang terlihat meyakinkan, namun Mirei dan Kuzuma masih ragu dengan kenyataan tersebut. Mereka bagaikan angsa dan kelelawar yang mencari kebenaran. Sampai akhirnya menyadari kebenaran lain yang lebih menyakitkan.

Salvation of a Saint (Keigo Higashino) 

Salvation of a Saint (Keigo Higashino)

Datang dari penulis yang sama, yaitu Keigo Higashino yang sebelumnya menulis novel angsa dan kelelawar, kali ini dia juga menulis novel detektif yang berjudul Salvation of a Saint. 

Kasus yang dibahas dalam buku ini sendiri cukup rumit, pembaca akan dibuat untuk menebak siapa pelakunya buku ini. Mengisahkan tentang seorang lelaki yang ditemukan tewas didalam rumah akibat meminum kopi yang beracun. 

Salah satu tersangka yang paling kuat adalah istrinya, karena belakangan ia telah dicampakkan oleh sang suami alias lelaki tersebut. Tetapi, yang menjadi masalah adalah sang istri berada jauh berpuluh puluh kilometer dari tempat kejadian tersebut. Berbagai opini dari kedua detektif yang dilontarkan sangat bertentangan. 

Baca juga : Resensi Buku Koala Kumal – Raditya Dika

Detektif Utsumi berfikir bahwa detektif Kusanagi terlalu berempati kepada istri yang melarikan diri tersebut. Akhirnya detektif Utusmi pun segera meminta bantuan Profesor Manabu Yukawa untuk meluruskan pendapat Detektif Kusanagi. Tetapi sayangnya sang Profesor pun juga merasa kebingungan. Nah, disinilah kecerdasan sang profesor diuji, ia harus mencari fakta bagaimana racun tersebut dapat muncul di waktu dan tempat yang sempurna.

Black Showman dan Pembunuhan di Kota Tak Bernama (Keigo Higashino) 

Black Showman dan Pembunuhan di Kota Tak Bernama (Keigo Higashino) 

Lagi lagi dengan penulis yang sama, novel ini menceritakan tentang sebuah pembunuhan yang menimpa seorang mantan guru SMP. Mantan guru tersebut ditemukan tewas tercekik di halaman rumahnya. Setting tempat dan waktu yang digunakan adalah disebuah desa terpencil disaat pandemic Covid-19. 

Guru tersebut sebenarnya seorang yang sangat disegani oleh murid muridnya. Bahkan Ketika ia sudah pensiun beberapa murid masih menghubungi untuk meminta nasihat kepada beliau. Hingga pada akhirnya diadakan sebuah reuni di kota tersebut. Dan mantan murid nya pun menjadi salah satu tersangka dalam pembunuhan. 

Ditengah tengah kebingungan itu, putri korban dan pamannya turut serta mencari kebenaran dibalik pembunuhan tersebut.

Surat Kematian (Zhou Haohui) 

Surat Kematian (Zhou Haohui)

Novel detektif terbaik kali ini datang dari penulis Zhou Haohui. Tokoh utama dalam novel tersebut adalah Eumenides, seorang rekaan di internet yang bertindak sebagai hakim dan algojo untuk para penjahat hukum. Setelah eksekusi pertamanya gagal, polisi pun membentuk satuan tugas 418. 

Baca juga : 13 Rekomendasi Buku Hukum Terbaik Untuk Mahasiswa Dan Pemula

Satuan tersebut memiliki tugas untuk menghentikan aksi gila Eumenides. Namun tak disangka sangka, mereka malah menemukan sebuah hubungan antara Eumenides dengan kasus besar yang terjadi 18 tahun yang lalu. Fakta ini semakin memanas Ketika beberapa anggota satuan juga memiliki hubungan dengan kasus tersebut. 

Kini, pembunuh yang bersembunyi akhirnya muncul kembali dengan berbagai surat surat kematian dengan diikuti tanggal kematian korban. 

Lalu apakah kepolisian mampu untuk menangkap sosok pembunuh yang sebenarnya?

Penelusuran Benang Merah (Arthur Conan) 

Penelusuran Benang Merah (Arthur Conan) 

Novel ini merupakan buku pertama dalam series Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle. Buku ini mengisahkan tentang perkenalan dr. Watson dengan sang detektif, yaitu Sherlock Holmes. Awalnya dr. Watson tidak mengetahui profesi Holmes, ia dibuat bingung dengan pria tersebut. Sebab holmes sendiri dapat menebak keadaan sesuatu atau seseorang hanya dengan sekali pandang. 

Setelah memahami tentang profesi sahabat barunya tersebut, dr. Watson mulai mengerti. Ia pun mendapatkan kesempatan untuk melihat sang detektif bekerja dalam menelusuri benang merah dari rangkaian pembunuhan yang terjadi di pusat kota London. 

Buku ini bercerita tentang kasus pembunuhan pada rumah kosong, dimana dalam novelnya terbagi menjadi 2 bagian dan setiap bagian terbagi lagi menjadi beberapa sub-bab dengan latar waktu kilas balik.

Pembunuhan di Rumah Miring (Shimada Soji) 

Pembunuhan di Rumah Miring (Shimada Soji)

Novel detektif terbaik selanjutnya datang dari penulis Soji Shimada. Novel ini menceritakan tentang sebuah pembunuhan berantai yang ada di sebuah Gedung unik. Penggambaran TKP beserta latar dalam novel ini sangat jelas, sehingga pembaca bisa ikut membayangkan bagaimana alur ceritanya. 

Cerita kali ini merupakan cerita misteri yang menegangkan. Rumah miring yang digunakan untuk tempat pembunuhan tersebut bertempat di sebuah tebing yang berselimut salju menghadap ke lautan es. Didalamnya berisi labirin lantai yang miring dan tangga yang berada di tempat yang tidak biasa. Juga topeng topeng dan boneka yang seram. 

Salah seorang pria ditemukan tewas didalam sebuah kamar, polisi pun dipanggil. Tetapi mereka tidak dapat memecahkan teka teri tersebut. Akhirnya, mereka meminta bantuan Kiyoshi Mitarai, si detektif terkenal yang memecahkan kasus pembunuhan zodiak.

Lemonade Granny (Hyun I Rang)

Lemonade Granny (Hyun I Rang)

Rekomendasi novel detektif terakhir adalah Lemonade Granny karya Hyun Irang. Buku ini mengisahkan tentang seorang bayi yang sudah meninggal ditemukan di tempat pembuangan sampah dalam kondisi terbungkus. Kasus tersebut sempat diselidiki, namun hanya lewat begitu saja.

Baca juga : Ini Dia 6 Novel Best Seller 2023 yang Wajib Anda Baca!

Sebagai pemilih sebuah rumah di Desa Doran, Nenek Limun berusaha mengungkap fakta pembunuhan tersebut. Bersama partner nya, si bocah asisten, Nenek Limun akhirnya berhasil menemukan pelaku pembunuhan bayi tersebut. Tapi juga kejahatan korupsi lain terungkap di Desa Doran.

Penutup 

Bagi sebagian orang memang lebih menyukai novel dengan pembahasan yang ringan seperti genre romance anak muda. Tetapi jika kamu menginginkan sebuah cerita baru yang lebih menantang dan yang memiliki teka teki, Anda dapat mencoba membaca beberapa novel detektif terbaik seperti pada penjelasan diatas.

Written by Jari Telunjuk
Tukang jaga di jaritelunjuk Profile

One Reply to “7 Novel Detektif Terbaik Sepanjang Masa”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *