Fiksi, General

7 Buku Rintik Sedu yang Selalu Digemari Remaja

Written by Jari Telunjuk · 3 min read >

Rintik Sedu adalah nama pena dari penulis asli yang bernama Nadhifa Allya Tsana dan karyanya sudah banyak diterbitkan di Indonesia. Buku Rintik Sedu selalu ditunggu-tunggu oleh para pembaca karena tulisannya sangat berhubungan dengan kisah anak muda.

Selain itu, Tsana juga dikenal dekat dengan pembacanya hingga memiliki nama panggilan kesayangan yaitu teri. Para pembaca Tsana juga memanggil Tsana dengan sebutan paus. Nama panggilan tersebut menandakan seberapa dekat hubungan penulis dengan pembaca.

Buku Rintik Sedu

rintik sedu

Karya Rintik Sedu ada yang diambil dari kisah nyata yaitu Geez & Ann yang kini sudah ditayangkan menjadi film dan serial. Tidak hanya menulis buku, Rintik Sedu juga memiliki podcast di Spotify yang tayang setiap dua kali seminggu.

1. Geez & Ann 1

Gezz and ann 1

Geez & Ann 1 adalah karya pertama Rintik Sedu yang dimuat di Wattpad dan berhasil mendapat perhatian banyak pembaca. Setelah laris dengan karya pertamanya, novel ini kemudian diangkat menjadi film yang tayang di Netflix pada 25 Februari 2021 lalu.

Novel Geez & Ann 1 menceritakan kisah dua manusia yang bertemu di acara pensi sekolah. Keana Amanda atau yang kerap disapa Ann adalah gadis yang suka menyendiri dan ia bertemu dengan pria bernama Gazza Cahyadi atau Geez dalam acara tersebut.

Geez adalah seorang alumni yang suka musik dan memiliki band serta terkenal di kalangan perempuan sekolahnya. Pertemuan keduanya seperti sudah ditakdirkan karena akhirnya mereka bertemu di metromini, kedai es krim, dan pertemuan lainnya.

Selama pertemuan tersebut, mulai timbul rasa suka di hati keduanya walaupun memiliki kepribadian yang berbeda. Ann si penyendiri dan Geez yang misterius serta selalu penuh dengan kejutan.

Baca juga : 7 Rekomendasi Novel Sastra Indonesia Terbaik, Selalu Best Seller

Akan tetapi kisah cinta mereka tidak berjalan dengan mulus karena Ann tidak bisa menjalani hubungan jarak jauh mengingat Geez yang akan melanjutkan pendidikan ke Berlin Jerman. 

Hal itu adalah cobaan bagi hubungan keduanya akankah terus berjalan atau malah berakhir di tengah jalan?

Di tengah kalutnya perasaan Ann, ia bertemu dengan seorang barista bertato yang membuat hidupnya mendadak berubah dan pria itu bernama Bayu. 

Sampai lulus kuliah kedokteran, Ann masih menjalin hubungan dengan Bayu karena Ann sudah melupakan Geez.

Hanya saja, hubungan tersebut membuat Ann masih terus mengingat Geez hingga Ann memutuskan untuk mencari Geez di Berlin. Lantas bagaimana kelanjutannya?

2. Geez & Ann 2

Geez & Ann 2

Buku Rintik Sedu yang kedua adalah Geez & Ann 2 yang merupakan kelanjutan dari buku pertamanya. Geez & Ann 2 adalah novel dengan tebal 260 halaman yang berhasil membuat pembaca tersentuh setelah membacanya.

Geez & Ann 2 berkisah tentang Ann yang masih mencari Geez di Berlin. Tujuan Ann mencari Geez adalah untuk menyelesaikan kisahnya yang masih belum selesai. 

Walaupun sudah ada Bayu di sisinya, namun Ann masih belum bisa melupakan Geez dari pikirannya.

Pada buku kedua karya Rintik Sedu ini, penulis menggunakan alur maju mundur dan mengambil latar tempat Jakarta – Berlin. Pembaca diajak untuk mengetahui bagaimana pemandangan Kota Berlin lewat tulisan Rintik Sedu.

Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama yang diperankan oleh Ann serta menggunakan gaya penulisan yang ringan karena berkisah tentang percintaan anak remaja.

3. Geez Ann 3

Geez Ann 3

Buku ketiga Geez Ann adalah Buku Rahasia Geez yang terbit pada tahun 2018. Kali ini Rintik Sedu menceritakan bagaimana sosok Geez dan di balik semua sikapnya pada Ann. 

Geez sebenarnya masih memiliki rasa terhadap Ann dan selalu menanti kehadiran Ann di sisinya. Geez selalu memikirkan Ann bahkan ia ingin menjadi sosok laki-laki hebat untuk Ann yang dipanggil peri kecil itu. 

Baca juga : Komik A Man and His Cat, Kisah Menggemaskan Tentang Hubungan Spesial Antara Manusia dan Kucing

Ketika pertama kali bertemu dengan Ann saat pensi SMP, ia merasa bahwa Ann adalah perempuan berbeda. Ann memiliki daya tarik tersendiri sehingga Geez mulai memikirkan berbagai cara untuk mendekati Ann dengan memberikan kejutan. 

Ternyata Ann luluh dengan kejutan Geez hingga akhirnya mereka menjalin hubungan. Namun, siapa sangka masa depan merenggut mimpinya untuk terus bersama Ann karena ia harus kuliah di luar negeri. 

Namun, siapa sangka Geez meminta seseorang untuk mengawasi setiap gerak gerik Ann dan melaporkan semuanya ke Geez.

4. Kata

Kata

Kata adalah buku Rintik Sedu berikutnya yang juga mengambil kisah romansa anak muda. Hanya saja kali ini kisah romansa anak kuliah yaitu Binta, Biru, dan Nugraha. Binta adalah anak jurusan Komunikasi yang jarang berkomunikasi dan sangat tertutup.

Bukan tanpa alasan Binta hidup seperti itu, keluarganya seperti tidak hidup sejak Ayahnya meninggalkannya dan Ibunya mengidap skizofrenia. Binta hanya hidup untuk Ibunya, namun datang sosok laki-laki jurusan arsitektur bernama Nugraha.

Dengan segala sifat jahilnya dan semangat pantang menyerah, Nug datang ke hidup Binta seperti menawarkan hidup yang lebih baik. Namun, Binta hanya mencintai satu orang yaitu Biru yang ia tidak tahu ada di mana.

Sampai ia mendapat kesempatan pergi ke Banda Neira untuk menghampiri Biru, meminta penjelasan akan hubungan mereka. Namun, Biru tetaplah Biru yang suka menulis puisi dan menjelajah alam.

Akhirnya Biru meminta Binta untuk bersama Nugraha karena Biru tidak memiliki hidup yang pasti, lantas bagaimana ia harus menghidupi Binta?

5. Buku Minta Dibanting

Buku minta dibanting

Buku Rintik Sedu berikutnya berjudul Buku Minta Dibanting yang memiliki judul sangat unik sehingga membuat pembaca bertanya-tanya mengenai apa isi dari buku tersebut. Buku ini khusus untuk para jomblo yang ingin mengungkapkan perasaannya.

Buku Minta Dibanting juga menampilkan dua karakter bernama Mblu dan Mblo yang akan menemani pembaca untuk menikmati karya Rintik Sedu ini. Buku ini berbentuk persegi panjang, berbeda dengan buku-buku lainnya.

Baca juga : Resensi Buku Koala Kumal – Raditya Dika

Ada banyak kalimat yang berhubungan dengan para jomblo di setiap halaman. Rintik Sedu berkata, daripada memberikan kode-kode di media sosial lebih baik langsung nyatain perasaan ke orang tersebut.

6. Buku Minta Disayang

Buku Rintik Sedu

Tidak kalah unik dari Buku Minta Dibanting, Buku Minta Disayang karya Rintik Sedu ini berisi kumpulan kutipan mengenai perasaan, hati, dan cinta. Khusus pembaca yang belum memiliki pasangan sepertinya cocok untuk membaca buku ini.

Pembaca akan dibuat senyum-senyum sendiri membaca kutipan yang dituliskan oleh Rintik Sedu. Setiap lembaran berisi kutipan yang mengenai di hati dan pembaca juga bisa menempelkan tulisan tersebut di kamar sebagai hiasan.

7. Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang?

Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang?

Buku Rintik Sedu satu ini berkolaborasi dengan Eyang Sapardi Djoko Damono, seorang sastrawan terkenal Indonesia yang pandai merangkai kata. Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang adalah kumpulan puisi yang bisa dibaca versi digital di Gramedia Digital.

Buku ini sangat tipis seperti buku puisi pada umumnya, namun kisah yang dituliskan sangat mendalam. Seperti sepasang kekasih yang saling mempertanyakan kisah mereka kepada semesta, apakah semesta merestui hubungan keduanya.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Buku-buku Terbaik Sapardi Djoko Damono, Dari Karya Puitis hingga Kumpulan Cerpen yang Menggugah

Menulis buku puisi seperti ini sangatlah menarik karena ditulis oleh penulis lintas generasi yang membahas masalah romansa.

Buku Rintik Sedu kebanyakan mengambil genre romansa masa kini entah untuk kalangan anak sekolah atau kalangan lainnya. Membaca buku penulis muda seperti Rintik Sedu adalah pilihan yang tepat karena bahasa yang digunakan tidak terlalu berat.

Written by Jari Telunjuk
Tukang jaga di jaritelunjuk Profile

2 Replies to “7 Buku Rintik Sedu yang Selalu Digemari Remaja”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *