General, Non Fiksi, Rekomendasi

Buku Ekonomi Politik – 7 Buku Rekomendasi untuk Anda Baca!

Ekonomi dan politik merupakan hal yang tak terpisahkan. Banyak sekali informasi yang akan terus didapatkan mengenai dua dunia tersebut. Saling berkaitan dengan...

Written by Jari Telunjuk · 3 min read >

Ekonomi dan politik merupakan hal yang tak terpisahkan. Banyak sekali informasi yang akan terus didapatkan mengenai dua dunia tersebut. Saling berkaitan dengan memberikan dampak yang bisa dirasakan langsung dan nyata di depan mata manusia. 

Tentu saja, banyak diantara Masyarakat masih menjadikan buku sebagai salah satu jendela pengetahuan yang membawa mereka ke dunia yang lebih luas lagi. Dengan membaca buku, kedepannya Anda akan diberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang berbagai aspek yang sedang terjadi. 

Hingga saat ini, banyak sekali perdebatan dan penelitian yang berkaitan antara dunia ekonomi dan dunia politik. Hal ini membuktikan bahwa ekonomi politik menjadi suatu hal yang menarik untuk dipelajari dan dipahami. Berikut beberapa rekomendasi bacaan untuk Anda yang erat kaitannya dengan dunia ekonomi dan politik! 

Political Philosophy (Johanna Oksala) 

Political Philosophy (Johanna Oksala) 

Buku ini memiliki pembahasan menarik mengenai filsafat, khususnya filsafat politik. Dalam buku ini, banyak sekali pembahasan mengenai gagasan politik yang menarik untuk Anda baca. Penulis buku ini, yakni Johanna memberikan beberapa pertanyaan yang tepat saat Anda membaca dan memahami buku ini. 

Anda akan memahami banyak sekali isu yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari termasuk ke dalam dunia politik. Tidak hanya itu, banyak sekali praktik dari para partiakri yang mencakup hubungannya dengan kekuasaan, norma sosial, serta kewajiban. Buku ini memberikan edukasi bahwa pemahaman mengenai filsafat harus dipahami sebagai landasan dikarenakan memiliki sangkut paut kepada banyak orang. 

Buku ini cocok untuk para mahasiswa ataupun pembaca umum yang ingin lebih faham mengenai filsafat politik. Setiap bab yang dituliskan di buku ini, bergerak secara kronologis dari zaman kuno hingga abad kedua puluh. Buku ini bisa anda gunakan sebagai batu loncatan untuk membahas isu sentral yang bersifat kontemporer. 

Climate Crisis & Global Green New Deal (Chomsky & Pollin) 

Climate Crisis & Global Green New Deal (Chomsky & Pollin) 

Buku kecil ini memiliki gagasan besar di dalam teks yang akan Anda baca nantinya. Buku ini membahas bagaimana stabilisasi iklim yang terjadi akibat runtuhnya kehidupan sosial yang terorganisir sehingga mudah untuk dicapai dengan pekerjaan yang layak serta standar hidup yang memiliki peningkatan. 

Kedua penulis ini sama-sama menyampaikan bagaimana argument mereka perihal Global Green New Deal yang bersifat realistis dapat dilakukan secara mudah. Namun, kedua penulis ini memberikan pandangan lain bahwa Global Green New Deal akan bisa gagal jikalau perlindungan terhadap pekerjaan dan mata pencaharian para pekerja tidak terlindungi dengan bijak. 

Buku ini juga memberikan panduan mengenai kelangsungan hidup bagi peradaban. Hal ini dimaksudkan bagaimana untuk bisa mengesampingkan semua penolak perubahan iklim ke jurang politik serta memaksa semua pembuat kebijakan untuk sejajar dengan kata yang bagus namun tidak bisa direalisasikan. 

Para penulis buku ini juga memberikan pandangan bahwa perlu adanya komitmen mengenai hal ini agar stabilisasi iklim tercapai. Tidak hanya itu, adanya ekspansi besar besaran pekerjaan akan terjadi secara lebih baik. Tentu saja, nantinya akan timbul rasa adil yang sesungguhnya. 

Political Risk (Rice & Zegart) 

Political Risk (Rice & Zegart)

Buku ini akan cocok untuk Anda yang ingin mengetahui bahwa dunia bisnis ternyata memiliki pengaruh yang jauh lebih besar daripada sebelumnya di berbagai aspek, termasuk dunia politik dan ekonomi. Zaman dulu, sebagian besar risiko politik dikaitkan dengan sejumlah kecil industry di pasar tertentu pada otoritas pemerintahan. Namun, saat ini justru risiko politik tercipta atas aktivitas manusia itu sendiri. 

Baca juga : 10 Rekomendasi Buku Public Speaking yang Harus Anda Baca Sekarang

Buku ini memberikan wawasan luas mengenai kajian yang saat ini telah terjadi banyak perubahan. Buku ini akan memberikan gambaran untuk bisa mengatasi risiko yang saat ini sedang dan akan terjadi kedepannya. Penulis buku ini juga memberikan cara bagaimana untuk menangani dinamika politik yang berubah dengan sangat cepat. 

How Democracies Die (Levitsky & Ziblatt) 

How Democracies Die (Levitsky & Ziblatt)

Buku ini ada karena tulisan yang dilakukan oleh profesor Harvard yang merupakan profesor dari ilmu pemerintahan di kampus tersebut. Buku ini membahas bagaimana demokrasi mati secara perlahan di tangan para pemerintah, seperti pejabat atau presiden yang dipilih oleh rakyat. 

Buku ini ditulis dengan latar belakang bagaimana institusi yang bersifat demokrasi bisa dikuasai oleh berbagai pihak yang otoriter. Sehingga, banyak sekali tulisan mereka yang mengatakan bahwa seperangkat aturan saja tidak cukup untuk membentuk hal demokrasi yang diinginkan. 

Kedua penulis ini, membawa Anda untuk lebih paham dengan pembahasan yang mereka tuliskan dengan memberikan studi kasus yang sederhana dan disekitar Anda. Sehingga, Anda akan lebih mudah untuk memahami bagaimana kronologis teks yang tertulis dalam buku ini. 

The Prince (Machiavelli) 

The Prince (Machiavelli)

Buku ini sangat populer karena tulisan yang mudah untuk dibaca dan dipahami diantara semua tulisan filosofis. Buku ini berisikan banyak sekali pandangan untuk para aparat pemerintahan di suatu Negara yang ada. Dimana, penulis ini memberikan pandangan bahwa suatu negara harus dipersenjatai dengan baik dan bijak. 

Machiavelli menuliskan bahwa kekuatan suatu negara yang terbesar berasal dari rakyat atau penduduk negara tersebut. Tidak perlu mengandalkan banyak bantuan dari tenaga luar yang tentu saja mereka kedepannya akan memiliki tujuan yang licik untuk Negara yang sedang dijalankan. 

Baca juga : 6 Rekomendasi Buku Sains Populer

Buku ini lebih akan membahas dan memberikan pandangan untuk mengatur keberhasilan dari suatu Negara. Sehingga, akan ada banyak strategi yang bisa Anda baca dan pahami untuk bisa memimpin suatu Negara yang bijak. 

ASEAN dan Tatanan Regional (Amitav Acharya) 

ASEAN dan Tatanan Regional (Amitav Acharya) s

Buku yang ditulis oleh Amitav ini membahas bagaimana masa depan ASEAN dengan adanya ancaman perkembangan persaingan Amerika Serikat dan China. Selain itu, adanya ancaman akibat implikasi keamanan selama COVID-19 terjadi di seluruh dunia. 

Buku ini juga membahas bagaimana Sejarah tentang ASEAN serta Lembaga multilateralnya ada hingga saat ini. Buku ini dibahas dengan gaya bahasa tulisan yang ringan sehingga akan lebih mudah untuk bisa memahami bagaimana situasi internasional dan regional yang terjadi.

Ekonomi Politik Industri Halal di Indonesia (Murniati Mukshlisin) 

Buku ini akan memberikan jawaban mengenai bagaimana politik ekonomi syariah dalam dunia industri Indonesia berjalan sesuai dengan ajaran yang tertulis di Kitab Suci Alquran. Buku ini akan membahas bagaimana perkembangan dunia politik dan ekonomi khususnya dalam sektor dunia industri halal. 

Penulis dalam buku ini, memberikan hasil analisa yang tertera di dalam Al Quran dan berkaitan satu sama lain dengan politik dan dunia ekonomi. Banyak sekali tafsir yang diulas dalam buku ini sehingga, akan memberikan kesimpulan bahwa perubahan yang terjadi memiliki pengaruh besar terhadap kekuasan yang ada di dunia saat ini. 

Baca juga : Rekomendasi Perpustakaan Aesthetic – Tempat Ilmu dan Kecantikan Berkumpul di Satu Ruangan

Bagaimana, menurut Anda apakah dari Rekomendasi buku politik ekonomi di atas ada yang membuat Anda penasaran? Buku ini baik untuk Anda miliki dan tentu saja Anda bisa temukan di toko buku maupun toko online yang Anda percayai. 

Written by Jari Telunjuk
Tukang jaga di jaritelunjuk Profile

2 Replies to “Buku Ekonomi Politik – 7 Buku Rekomendasi untuk Anda Baca!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *