Rekomendasi

7 Buku Belajar Bahasa Korea yang Dijamin Bikin Kamu Lancar Berbahasa Korea

Bahasa Korea merupakan salah satu bahasa paling populer di dunia saat ini. Hal ini tidak terlepas dari popularitas budaya Korea Selatan yang...

Written by Jari Telunjuk · 3 min read >

Bahasa Korea merupakan salah satu bahasa paling populer di dunia saat ini. Hal ini tidak terlepas dari popularitas budaya Korea Selatan yang semakin mendunia. Bagi Anda yang ingin belajar bahasa Korea, ada banyak pilihan sumber belajar yang tersedia, salah satunya adalah buku.

Buku belajar bahasa Korea dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin belajar secara mandiri. Buku-buku ini biasanya disusun oleh pakar bahasa Korea yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas. Selain itu, buku-buku ini juga biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat membantu Anda belajar bahasa Korea dengan lebih efektif dan efisien.

Baca juga : 7 Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik yang Wajib Kamu Baca

Dalam artikel ini, kami akan membagikan 7 rekomendasi buku belajar bahasa Korea yang dijamin dapat membantu Anda lancar berbahasa Korea. Buku-buku ini cocok untuk berbagai tingkatan kemampuan, mulai dari pemula hingga mahir.

1. Panduan Terlengkap Belajar Bahasa Korea (M. Hasan Hwang)

Buku ini merupakan buku belajar bahasa Korea yang paling lengkap dan komprehensif. Buku ini mencakup semua materi bahasa Korea yang penting, mulai dari pengenalan huruf Hangeul, tata bahasa, kosakata, hingga percakapan. Buku ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat membantu Anda belajar bahasa Korea dengan lebih efektif dan efisien, seperti latihan soal, contoh percakapan, dan glosarium.

Hanya saja soal-soal di dalam buku sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia sehingga bagi sebagian pembaca, tantangannya sangat kurang. Namun, buku ini juga sebenarnya bisa digunakan untuk para pemula, calon TKI yang akan ujian EPS-Topik, dan yang mencari beasiswa di Korea.

Buku ini tidak direkomendasikan untuk orang yang sudah berada di level tertinggi dalam Bahasa Korea karena pembahasannya masih terlalu dasar. Ketebalan buku yang diterbitkan oleh ReneBook ini adalah 340 halaman.

Anda akan mendapatkan pembelajaran mengenai huruf hangul konsonan, vokal, suku kata, gramatika, dan masih banyak lagi. Kalau Anda kesulitan mengerjakan soal bisa melihat kunci jawabannya.

2. Mudah Belajar Bahasa Korea Bersama Penutur Asli (Asfara)

Mudah Belajar Bahasa Korea Bersama Penutur Asli yang ditulis oleh Asfara adalah salah satu rekomendasi buku belajar Bahasa Korea yang cocok untuk Anda. Buku yang diterbitkan oleh Penerbit Laksana ini cukup tipis karena hanya ada 172 halaman saja.

Berbeda dengan buku bahasa Korea lainnya, pada buku karya Asfara ini penulisannya secara naratif seperti bercerita. Terdapat dua tokoh utama dalam buku ini yaitu Hye Rin seorang Korean native dan Jingga yang merupakan siswa pertukaran pelajar.

Sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin memperdalam bahasa Korea dengan cara menarik. Anda seperti diajak untuk belajar langsung dari tokoh Hye Rin yang merupakan penutur Korea asli dan agar mengerti membaca buku Lemonade Granny versi Korea.

Baca juga : 7 Novel Detektif Terbaik Sepanjang Masa

Kelebihan dari buku ini adalah terdapat banyak cerita yang dekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga sangat relate. Anda bisa belajar Bahasa Korea dengan menyenangkan lewat buku ini.

3. Cepat Pintar Tata Bahasa & Percakapan Bahasa Korea (Retno Indriani)

Buku Cepat Pintar Tata Bahasa & Percakapan Bahasa Korea karya Retno Indriani diterbitkan di penerbit Checklist dengan tebal 300 halaman. Buku karya Retno Indriani ini berisi teori dasar tata bahasa Korea yang terbagi menjadi beberapa subbab.

Setiap sub bab sudah dicantumkan contoh kalimat atau kata yang akan memudahkan para pemula yang baru belajar bahasa Korea. Anda juga bisa berlatih dengan menyelesaikan soal-soal dan ada 100 macam tata bahasa Korea yang juga dibahas di sini.

Tidak perlu khawatir jika baru belajar hangul karena akan dipandu lewat buku ini. Anda juga bisa menerapkan percakapan tersebut bersama teman.

4. Panduan Praktis Percakapan Bahasa Korea (Maria Elisabeth E.K., S.Si.)

Rekomendasi buku belajar Bahasa Korea berikutnya adalah Panduan Praktis Percakapan Bahasa Korea karya Maria Elisabeth E.K., S.Si yang memiliki cover cerah dengan warna biru merah muda.

Isinya adalah panduan ketika Anda perlu berbicara Bahasa Korea secara cepat dan tidak perlu mempelajari dasar-dasarnya. Sangat direkomendasikan bagi wisatawan asing yang baru pertama kali pergi ke Korea dan tidak terlalu fasih bahasa sana.

Contohnya adalah percakapan yang bisa terjadi ketika tiba di bandara, tempat wisata, penginapan, dan tempat imigrasi. Bahkan ketika Anda akan memperkenalkan diri, bertanya alamat, dan bertanya harga barang bisa menggunakan buku ini.

Buku ini diterbitkan oleh BIP atau Bhuana Ilmu Populer dengan tebal halaman 372 halaman dan bisa Anda dapatkan di toko buku terdekat dengan harga 88 ribu rupiah.  

5. Jago Bahasa Korea Gampaaang (Setiawan Agung Pamungkas)

Ada lagi buku yang bisa Anda manfaatkan untuk belajar bahasa Korea yaitu Jago Bahasa Korea Gampaaang karya Setiawan Agung Pamungkas yang dijual dengan harga 55 ribu rupiah.

Ini adalah buku yang tepat kalau Anda ingin melakukan konsultasi bahasa Korea ke orang yang sudah ahli. Buku ini berisi ungkapan penting yang sering diucapkan, gramatika, percakapan, dan kosa kata baru.

Apabila Anda kurang memahami isi materi maka bisa melakukan konsultasi langsung sampai paham materi bahasa Korea. Adapun penerbit dari Jago Bahasa Korea Gampaaang adalah Semesta Hikmah dengan tebal buku 284 halaman.  

Jadi bonus lainnya adalah konsultasi, kumpulan kosakata sehari-hari yang bersifat tematis, kamus bahasa Korea – Indonesia, dan kamus bahasa Indonesia – Korea. Sangat direkomendasikan untuk dewasa dan remaja.

6. Bahasa Korea untuk KPOPers Jilid 1 (Areum)

Bahasa Korea untuk KPOPers Jilid 1 karya Areum adalah salah satu rekomendasi buku belajar Bahasa Korea memiliki sampul berwarna biru segar. Harganya juga sangat murah yaitu 30 ribu saja dan diterbitkan oleh Yrama Widya.

Buku ini sangat direkomendasikan untuk para pecinta KPOP yang ingin mempelajari bahasa Korea dari awal. Terdapat materi tentang aksara Korea yang lengkap, tata bahasa yang menarik dan mudah dipahami pemula.

Bahkan Anda bisa mengetahui banyak lirik lagu KPOP yang dijadikan contoh oleh penulis. Lagu-lagu tersebut ada dari Blackpink, Super Junior, EXO, dan masih banyak lagi. Bahkan Anda bisa sekaligus belajar sambil mendengarkan lagu favorit dari idol kesayangan.

7. Simple & Easy Cepat Kuasai Bahasa Korea (Vera Handiny dkk)

Terakhir adalah buku yang berjudul Simple & Easy Cepat Kuasai Bahasa Korea yang ditulis oleh banyak penulis, salah satunya adalah Vera Handiny. Buku dengan sampul warna biru ungu ini dijual dengan harga 59 ribu rupiah dan bisa Anda dapatkan di toko buku terdekat.

Penerbit buku ini adalah Caesar Media Pustaka yang menyediakan materi lengkap untuk para pemula dengan tambahan bab khusus. Bab khusus tersebut berisi soal-soal yang sekiranya akan keluar saat tes TOPIK.

Bahkan pembaca bisa belajar aksara Korea atau hangul dari nol serta berlatih menulis hangul di lembar kosong yang sudah disediakan. Tidak hanya itu, pembaca juga bisa mempelajari banyak materi tentang bahasa Korea seperti kosakata dan percakapan sehari-hari.

Baca juga : 7 Rekomendasi Novel Sastra Indonesia Terbaik, Selalu Best Seller

Pembaca juga bisa tahu bahasa gaul atau slang yang sering diucapkan oleh masyarakat Korea dengan font tulisan yang nyaman dibaca.

Itulah 7 rekomendasi buku belajar bahasa Korea yang dijamin dapat membantu Anda lancar berbahasa Korea. Buku-buku ini cocok untuk berbagai tingkatan kemampuan, mulai dari pemula hingga mahir. Dengan memilih buku yang tepat, Anda dapat belajar bahasa Korea dengan lebih efektif dan efisien.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan buku belajar bahasa Korea yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat belajar!

Written by Jari Telunjuk
Tukang jaga di jaritelunjuk Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *